Ini adalah bukti dari kinerja jelek Manajemen PLN Wilayah Sumut, yang tidak bertanggung jawab dan profesional, serta seringnya terjadi pemadaman listrik,"
Medan, (ANTARA News) - Pemadaman listrik di Kota Medan saat ini semakin parah dan terjadi dua hingga tiga kali dalam satu hari, sehingga sangat merugikan konsumen dan masyarakat di daerah tersebut.

"Ini adalah bukti dari kinerja jelek Manajemen PLN Wilayah Sumut, yang tidak bertanggung jawab dan profesional, serta seringnya terjadi pemadaman listrik," kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatera Utara, Abubakar Siddik di Medan, Rabu.

Akibat seringnya terjadi pemadaman listrik, menurut dia, Manajemen PLN Wilayah Sumut, perlu dievaluasi dan bila tidak mampu dan silahkan letakkan jabatan.

"Manajemen PT PLN Wilayah Sumut ini, tampaknya tidak peduli dengan seringnnya terjadi pemadaman listrik sejak awal tahun 2014 ini, dan begitu juga tahun-tahun sebelumnya," ucap Abubakar.

Dia mengatakan, Manajemen PT PLN Sumut terkesan lepas tangan dengan pemadaman yang terjadi selama ini, dan masyarakat dibuat bingung dan kecewa.

Bahkan, jelasnya, selama bulan Februari ini, sering terjadi pemadaman baik di kantor dan rumah-rumah penduduk di Medan.

"Petugas PLN Wilayah Sumut tampaknya menganggap hal yang sepele mengenai pemadaman listrik tersebut," ujarnya.

Abubakar mengatakan, sikap karyawan PT PLN seperti ini tidak profesional dan mau menghargai pelanggan maupun masyarakat yang selama ini mendambakan pelayanan terbaik mengenai jasa listrik tersebut.

Oleh karena itu, katanya, Manajeme PLN Sumut harus menunjukkan rasa tanggung jawab yang besar dengan pemadaman listrik yang terjadi setiap saat di Kota Medan.

YLKI Sumut berharap pada Manajemen PLN Sumut harus menunjukkan kepedulian yang cukup tinggi dengan terjadinya pemadaman listrik tersebut.

"Manajemen PLN Sumut jangan hanya sekadar mencari keuntungan banyak dari konsumen dan masyarakat dengan banyaknya pelanggan, tetapi kurang memperhatikan pelayanan," ucap dia.

Dia menambahkan, untuk mengatasi kendala listrik itu, Manajemen PLN Sumut harus bekerja keras dengan mencari berbagai solusi, bagaimana agar tidak terjadi lagi pemadaman.

"Manajemen PLN Sumut tidak usah mencari berbagai dalih atau alasan, bahwa pemadaman listrik karena adanya perbaikan mesin pembangkit yang rusak di PLN Belawan dan daerah lainnya," kata Abubakar.

(M034/Y006)

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014