Tadi dalam sidang kabinet dilaporkan perkembangan perekonomian dan juga perkembangan perekonomian global yang faktor eksternal berikan pengaruh pada domestik,"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar stabilitas perekonomian nasional bisa terjaga dalam suasana menjelang penyelenggaran pemilihan umum dan juga sepanjang 2014.

"Tadi dalam sidang kabinet dilaporkan perkembangan perekonomian dan juga perkembangan perekonomian global yang faktor eksternal berikan pengaruh pada domestik," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Kamis sore usai sidang kabinet paripurna yang dipimpin Presiden Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono.

Hatta mengatakan untuk menjaga stabilitas perekonomian nasional Presiden memberikan instruksi untuk menjaga sejumlah sektor ekonomi.

"Presiden memberikan arahan hal yang terkait dengan stabilitas harga pangan agar dijaga karena memberikan kontribusi yang besar terhadap inflasi," katanya.

Hatta mengatakan, Presiden mengingatkan mengenai adanya perkiraan musim kemarau kering yang dapat mempengaruhi produksi pangan sehingga harus disiapkan antisipasinya.

Kepala Negara, kata Hatta, juga meminta agar stabilitas nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, khususnya dolar Amerika Serikat dapat terjaga.

"Masalah infrastruktur jalan, akibat bencana alam dan hujan juga dituntaskan dan ini agar menjadi perhatian kementerian Pekerjaan Umum," katanya.

Ia menambahkan,"Presiden juga meminta agar penggunaan dana optimalisasi harus dijaga jangan ada penyimpangan, lakukan yang sudah diprogramkan pemerintah dan disetujui DPR."(*)

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014