Karena dalam perlombaan mobil rakitan itu, membawa bendera merah putih dan juga bendera USU merupakan kebanggaan kita selama ini,"
Medan (ANTARA News) - Tim Horas Universitas Sumatera Utara, meraih juara internasional, mobil pick-up rakitan berwarna merah di ajang Sheel Eco Marathon (SEM) Asia 2014 di Manila, Filipina.

Tim Horas USU juara I bahan bakar ethanol dan juara II bahan bakar diesel dalam lomba mobil rakitan teririt.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Syahril Pasaribu dalam sambutanya merayakan kemenangan tersebut di Medan, Kamis, mengatakan merasa bangga atas prestasi yang diraih mahasiswa Fakultas Tehnik dan mampu membawa dua piala sekaligus ke tanah air.

Keberhasilan yang dicapai mahasiswa ini, menurut dia, juga kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

"Karena dalam perlombaan mobil rakitan itu, membawa bendera merah putih dan juga bendera USU merupakan kebanggaan kita selama ini," ujar Syahril.

Rektor berharap mahasiswa USU yang telah menorehkan prestasi luar biasa ini, dapat tetap dipertahankan dan bila perlu tahun mendatang lebih ditingkatkan lagi.

"Sehingga dapat mengharumkan nama USU di kancah internasional dan juga bangsa Indonesia," kata Syahril.

Dia juga menambahkan, sebelum Tim Horas USU yang berjumlah 18 orang ini yang dibimbing Dr Himsar Ambarita bertolak ke Manila, dia juga berpesan dan berkelakar, kalau kalian tidak bisa juara, tenggelamkan saja mobil tersebut ke laut.

Namun, ternyata guyonan yang disampaikan pada mahasiswa USU, membawa berkah dan mereka berhasil meraih juara I dan juara II.

"Ini adalah kebanggaan dan modal mereka untuk berangkat ke luar negeri juga pas-pasan dan minta bantuan dengan donatur," ucap Syahril.

Sekretaris Daerah Pemprov Sumut, H Nurdin Lubis mengatakan atas prestasi yang dicapai mahasiswa ini, membuktikan bahwa USU memiliki sumber daya manusia (SDM) yang bagus.

Karena, menurut dia, tidak sedikit perguruan tinggi negeri dari tanah air ini dan juga perguruan tinggi dari Negara Asia, yang mengikuti lomba mobil rakitan tersebut di Manila.

Pada lomba tersebut, menurut dia, Tim Horas USU menurunkan mobil rakitan di kelas Urban Concept bahan bakar ethanol dan Urban Concept bahan bakar diesel.

"Urban concept bahan bakar ethanol, Tim Horas Mesin berhasil menempuh jarak 101,4 Km per liter. Sedangkan Urban Concept diesel Tim Horas USU berhasil menempuh jarak 57 Km per liter," ucap alumni dari Jepang.

Himsar menambahkan, Tim Horas pertama kali mengikuti kejuaraan lomba mobil rakitan pada tahun 2012 di sirkuit Sepang, Malaysia.(*)

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014