Tahukah kita bahwa Singapura seperempat lebih kecil dari kita, Malaysia sepertiga, Saudi setengah dan bahkan Belanda juga masih di bawah ekonomi Indonesia"
Jakarta (ANTARA News) - Peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat Gita Wirjawan menyebut  Indonesia terlalu lama terjebak dalam perasaan minder dan kecil dibandingkan negara-negara besar dunia lainnya.

"Padahal, ekonomi kita cukup besar," kata Gita saat berbicara di hadapan ratusan relawan yang mendeklerasikan diri dalam wadah "GW 2014" di Jakarta, Sabtu.

"Tahukah kita bahwa Singapura seperempat lebih kecil dari kita, Malaysia sepertiga, Saudi setengah dan bahkan Belanda juga masih di bawah ekonomi Indonesia," ujar Gita.

Gita meminta bangsnaya tidak merasa kecil dan minder karena ekonomi Indonesia besar yang kini masuk 16 besar dunia dan kelompok G-20.

"Kita di jajaran ekonomi besar di dunia. Tidak ada alasan kita canggung dan merasa minder. Seperti yang sering saya katakan, we are bigger than we think we are," kata Gita.

Namun Indonesia perlu meningkatkan pemerataan ekonomi agar masyarakat bisa hidup sejahtera tanpa ada yang terpinggirkan. "Pemerataan adalah hal yang perlu diwujudkan ke depan," ucapnya.

Gita lalu mencontohkan peran Indonesia dalam kerja sama ekonomi internasional pada keberhasilan Paket Bali dalam WTO. "Kita sebagai ketua kelompok G-33 di mana India yang ada di dalamnya memerankan kepentingan yang sama.

"Kita memainkan diplomasi di belakang India. Pada akhirnya muaranya satu, Paket Bali berhasil disepakati yang kental akan kepentingan negara miskin dan berkembang," kata Gita.

Pewarta: Sri Muryono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014