Zagreb (ANTARA News) - Mantan pecatur nomor satu dunia asal Rusia yang kemudian beralih menjadi aktivis oposisi Garry Kasparov mendapatkan kewarganegaraan Kroasia, kata kementerian dalam negeri pada Senin.

Pengkritik tajam berbagai kebijakan Kremlin itu dijamin mendapatkan paspor di negara pecahan Republik Yugoslavia itu sejak "adanya kepentingan Kroasia", demikian bunyi satu pernyataan yang diperoleh AFP, tanpa penjelasan lebih lanjut.

Pecatur berusia 50 tahun yang dikenal mendukung Kroasia sejak pecah perang pada 1990, memperoleh kewarganegaraannya minggu lalu.

Pria yang sering mengkritik secara tajam Presiden Vladimir Putin, Kasparov, telah menghabiskan liburan musim panasnya di pantai Kroasia dan menurut laporan media ia telah memiliki rumah di Makarska selama bertahun-tahun silam di Central Coast.

Dia dilaporkan berencana membuka akademi catur di Opatija, kawasan sebelah utara Adriatic.

Ia juga menikmati hubungan baik dengan sejumlah politisi Kroasia, bertemu dengan Presiden Ivo Josipovic pada Januari lalu yang memuji "dukungan moral" dia kepada Kroasia selama perang pada tahun 1991-1995 serta bermain catur bersama. Minggu lalu dia juga bertemu dengan PM Zoran Milanovic.

Kasparov pensiun dari berbagai kompetisi catur pada 2005 setelah mendominasi berbagai turnamen selama dua dekade. Dia menjadi pecatur termuda yang sukses meraih gelar juara dunia dalam usia 22 tahun pada 1985 dan dipertimbangkan sebagai pecatur terhebat sepanjang masa.

(Uu.D011/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014