London (ANTARA News) - Mantan pesepakbola timnas Inggris David Beckham terpilih sebagai sosok yang difavoritkan oleh anak-anak untuk membacakan dongeng.

Anak-anak juga memilih penyanyi Katty Perry sebagai sosok yang diidolakan untuk membacakan dongeng.

Kedua pesohor itu terpilih menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Sainsbury dengan   mengikutsertakan sebanyak 2000 orang, orang tua dan anak-anak yang berusia 4-10 tahun.

Ant & Dec, Cheryl Cole, dan Lady Gaga berada di urutan berikutnya dalam lima selebritis favorit yang dipilih anak-anak untuk membacakan dongeng.

Hasil penelitian seperti yang dilansir Female First itu memperlihatkan, sebanyak 89 persen anak-anak mengatakan menyukai bila selebritis membacakan untuk mereka cerita.

Satu dari lima anak laki-laki memilih David Beckham (23 persen), sementara kebanyakan anak perempuan memilih Katy Perry (18 persen).

Tak hanya itu, hasil temuan yang muncul sebelum Hari Buku Dunia pada tanggal 6 Maret mendatang ini juga menemukan beberapa statistik menarik tentang orang tua dan pola membaca mereka.

Hampir setengah atau 49,9 persen dari orang tua mengakui lebih cenderung membacakan buku cerita yang karakter tokohnya ingin anak-anak mereka tiru.

Kemudian, sekitar sepertiga dari mereka atau sekitar 35 persen berharap dapat meluangkan waktu membacakan cerita pada anak-anak mereka.

The Gruffalo dan Disney Tangled merupakan buku populer yang dipilih orang tua untuk dibacakan pada anak-anak mereka.

Lalu, karakter Brave yang percaya diri (29 persen) dan Superman yang tidak egoistis (26 persen) adalah model peran yang yang paling difavoritkan orang tua.

"Senang sekali mengetahui The Gruffalo adalah buku yang paling favorit dipilih anak-anak," ujar juru bicara Sainsbury seperti dilansir Female First.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014