... intinya kami menunggu keputusan resmi dari pemerintah... "
Semarang (ANTARA News) - Garuda Indonesia masih belum mengoperasikan rute Semarang-Jakarta lewat Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, yang seharusnya dilakukan pada Februari lalu. 

Manajer Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia Semarang, Herri Darmawan, di Semarang, Selasa, mengatakan, seharusnya rute Semarang-Halim Perdana Kusuma dibuka mulai 24 Februari lalu.

Hingga saat ini, katanya, belum ada ijin resmi dari pemerintah terkait operasionalisasi bandara itu untuk penerbangan komersial sehingga Garuda Indonesia mengundur pembukaan rute baru hingga Maret ini.

Dari beberapa maskapai penerbangan nasional berjadual yang beroperasi dari dan menuju Halim Perdanakusuma, cuma Citilink yang langsung menyanggupi beroperasi dari landas pacu bandara itu. 

Tidak kurang CEO Citilink, Arif Wibowo, sendiri yang memastikan semuanya berjalan baik hingga beberapa hari pasca 10 Januari, hari pertama pengalihan sebagian rute domestik dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Halim Perdanakusuma itu.

"Sejauh ini kami belum tahu mulai tanggal berapa rute ini akan dibuka, intinya kami menunggu keputusan resmi dari pemerintah, kalau untuk Garuda Indonesia sendiri sudah siap," ujar Darmawan.

Rencananya, dari sembilan kali penerbangan Semarang-Cengkareng sehari, dua di antaranya akan dialihkan ke Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, yaitu GA 231 akan berangkat dari Semarang pada pukul 06.00 WIB, selanjutnya untuk GA 239 berangkat pukul 13.50 WIB.

Sedangkan dari arah Bandara Halim Perdanakusuma nomor penerbangan GA 232 yang berangkat pada pukul 07.55 WIB dan GA 242 pada pukul 15.45 WIB. 

Pewarta: Aris Widiastuti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014