Penghargaan ini bertujuan memacu motivasi atlet dan pelatih Jatim dari berbagai cabang olahraga untuk lebih berprestasi, tidak saja mengharumkan nama daerah, tetapi juga bangsa dan negara di pentas internasional."
Surabaya (ANTARA News) - Pesepak bola Timnas U-19 Evan Dimas Darmono dan pebalap sepeda BMX Elga Kharisma Novanda masuk dalam nominasi atlet putra dan putri terbaik 2013 versi Seksi Wartawan Olahraga PWI Jawa Timur bersama sejumlah olahragawan lainnya.

Ketua Panitia Anugerah Olahraga Jatim Meiga Ridwan kepada wartawan di Surabaya, Selasa, mengatakan selain Evan Dimas, terdapat beberapa atlet yang masuk nominasi terbaik putra, yakni Umar Syarief (karateka), Hidan Afos Katana (balap sepeda downhill), Bambang Suryadi (balap sepeda road race), dan Spensstuber Mehue (dayung).

Sedangkan di bagian putri muncul nama kandidat kuat lainnya seperti Ika Yuliana, Diananda Choirunnisa (keduanya atlet panahan), Efriliya Herlina (tenis lapangan), dan Nurul Fajar Fitriati (renang).

"Atlet-atlet yang masuk nominasi dijaring berdasarkan catatan prestasi selama tahun 2013, baik di kejuaraan nasional maupun internasional, termasuk SEA Games 2013 di Myanmar," katanya.

Selain atlet putra dan putri, SIWO PWI Jatim juga menjaring sejumlah calon penerima penghargaan pelatih terbaik, seperti Bambang Suhartawan (voli pantai) Sugeng Trihartono (balap sepeda), Aji Santoso (sepak bola), Hasan Basri (karate), dan Indra Sibarani (senam).

Meiga Ridwan menjelaskan penerima penghargaan atlet dan pelatih terbaik akan ditentukan berdasarkan hasil polling yang melibatkan wartawan olahraga dari berbagai media cetak dan elektronik di Jatim.

"Pengumuman sekaligus penyerahan anugerah atlet dan pelatih terbaik Jatim akan dilakukan pada malam resepsi 14 Maret mendatang. Semua nominator memiliki catatan prestasi tersendiri yang bisa menjadi acuan wartawan olahraga untuk menentukan pilihan," tambah Meiga.

Ketua SIWO PWI Jatim Arief Sosiawan menambahkan penghargaan atlet dan pelatih terbaik merupakan agenda rutin tahunan yang digelar organisasinya untuk memberikan apresiasi terhadap pencapaian prestasi di bidang olahraga.

"Penghargaan ini bertujuan memacu motivasi atlet dan pelatih Jatim dari berbagai cabang olahraga untuk lebih berprestasi, tidak saja mengharumkan nama daerah, tetapi juga bangsa dan negara di pentas internasional," ujarnya.

Selain itu, juga ada penghargaan SIWO Jatim untuk tim/regu terbaik, atlet muda berbakat, atlet usia dini berprestasi, paralimpian, dan pihak-pihak baik perseorangan maupun lembaga atau instansi pemerintah dan swasta yang telah banyak berkontribusi untuk kemajuan olahraga.  (D010/I007)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014