Jakarta (ANTARA News) - Apple hari ini mengumumkan bahwa Peter Oppenheimer, wakil presiden dan CFO Apple, akan pensiun akhir September mendatang.

Posisi yang ditinggalkan Oppenheimer akan ditempati Luca Maestri yang sekarang menjabat wakil presiden keuangan dan pengawas korporat, kata Apple Inc dalam pernyataan di laman resminya, Selasa.

Peter memulai transisi pengalihan tugas-tugasnya kepada Luca pada Juni.

"Peter telah menjabat sebagai CFO kami dalam dekade terakhir ketika pendapatan tahunan Apple tumbuh dari 8 miliar dolar menjadi 171 miliar dan jejak global kami berkembang dramatis," kata CEO Apple Tim Cook.

Sementara Luka mempunyai 25 tahun pengalaman global dalam manajemen keuangan senior, termasuk menjabat sebagai seorang CFO perusahaan publik, dan Tim Cook percaya bahwa ia akan menjadi CFO besar di Apple.

Sebagai CFO, Peter mengawasi keuangan, hubungan investor, pajak, sistem informasi, audit internal, dan fungsi-fungsi fasilitas. Dia bergabung dengan Apple pada 1996 sebagai pengawas untuk Amerika, dan dalam 1997 dipromosikan sebagai wakil presiden dan pengawas penjualan seluruh dunia, sebelum kemudian menjabat CFO.

Luca sebelum bergabung dengan Apple adalah CFO di Nokia Siemens Networks dan Xerox. Sejak bergabung dengan Apple Maret 2013, ia mengelola fungsi-fungsi keuangan utama Apple.

Luca juga pernah bergabung dengan General Motors dan menghabiskan 20 tahun dalam tugas-tugas operasi dan keuangan di Amerika, Asia Pasifik, dan Eropa.

Luca lulus merupakan lulusan Universitas Luiss di Roma dengan gelar sarjana bidang ekonomi dan menerima gelar master dalam ilmu manajemen dari Boston University.

Pewarta: Suryanto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014