Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda putri Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah lolos ke babak utama All England Super Series Premier 2014 setelah di babak kualifikasi menang atas pasangan Makau, Wang Rong/Zhang Zhibo.

Bertanding di National Indoor Arena, Birmingham, Inggris, Selasa, pasangan pelatnas ini mampu unggul dengan dua game langsung 21-9 dan 21-15. Dengan kemenangan ini, pasangan Suci/Tiara lolos ke babak utama kejuaraan berhadiah total 400 ribu dolar AS itu.

Lolosnya pasangan ini sebenarnya berbau keberuntungan karena setelah menghadapi Wang Rong/Zhang Zhibo seharusnya menghadapi pasangan Taiwan, Cheng Wen Hsing/Hsieh Pei Chen di pertandingan berikutnya. Namun pasangan lawan mendapatkan promosi langsung ke babak utama.

Saat menghadapi Wang Rong/Zhang Zhibo, pasangan pelatnas ini tampil dominan. Bahkan pasangan ini unggul jauh di game pertama dengan 21-9. Namun, di game kedua lawan memberi perlawanan sehingga game ini berakhir dengan 21-15.

"Di game pertama kami memang langsung menerapkan permainan menyerang. Tetapi Wang/Zhang kemudian mengantisipasi hal ini. Di game kedua, mereka sudah tahu cara main kami, jadi pertandingan berlangsung lebih alot," kata Suci seperti yang dilansir tim media PBSI.

Saat Suci berpasangan dengan Della Destiara Haris, ia pernah mengalami kekalahan dari Wang Rong/Zhang Zhibo. Berbekal pengalaman yang didapat, akhirnya mampu membalas kekalahan yang pernah dideritanya.

"Saya pernah kalah dari Wang/Zhang. Saat itu saya sedang cedera pinggang, jadi tidak bisa tampil maksimal. Akan tetapi, saya belajar dari kekalahan tersebut," kata Suci menambahkan

Pasangan Suci/Tiara sebenarnya bukan pasangan baru karena keduanya berasal dari klub Mutiara Cardinal Bandung. Dengan demikian, keduanya sudah mengetahui karakter bermain masing-masing.

"Kalau soal permainan, sudah enak kok, tetapi ada beberapa hal yang mesti kami tingkatkan lagi. Di babak utama pasti lawan lebih sulit, jadi harus tampil lebih baik lagi," kata Tiara yang bersama

Suci memenangkan gelar juara Asia Junior Championships 2011 di Lucknow, India.

Sementara itu pelatih ganda putri Endra Muliajaya mengaku permainan Suci/Tiara cukup bagus. Namun, pihaknya belum melihat pasangan ini mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Hal ini terjadi karena lawan berada satu tingkat di bawahnya.

Dengan lolosnya Suci/Tiara ke babak utama, maka kontingen Indonesia menempatkan empat wakilnya di babak utama. Tiga pasangan lain adalah Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Della Destiara Haris/Anggia Shitta Awanda dan Pia Zebadiah/Rizki Amelia.

Selain pasangan Suci/Tiara, pemain Indonesia yang harus merangkak dari kualifikasi adalah Praveen Jordan/Debby Susanto, Marcus Fernaldi Gideon/Rizki Amelia Pradipta (ganda campuran) serta Andre Kurniawan Tedjono (tunggal putra).

(B016/I007)

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014