Jakarta (ANTARA News) - Intel dilaporkan telah memenangkan penawaran untuk membeli perusahaan pembuat smartwatch, Basis, dengan harga antara 100 juta hingga 150 juta dolar AS.

Sumber yang akrab dengan masalah tersebut kepada Tech Crunch mengatakan bahwa Basis Science, pembuat Basis Health Tracker Watch (jam pemantau kesehatan), telah dibeli oleh Intel.

Dalam pasar jam pemantau kesehatan, Basis selama ini menguasai pangsa 7 persen, sementara kompetitornya Jawbone 21 persen.

Intel yang berbicara mengenai wearable device di CES tahun ini, dan akuisisi itu diasumsikan sebagai langkah lanjut menuju industri itu.

Dalam konferensinya di ajang itu Intel mengutarakan desain-desain referensi sendiri, termasuk headset Bluetooth seperti-SIRI bernama Jarvis dan sebuah chip pintar yang dijulukinya Edison, yang bisa diaplikasikan untuk banyak kegunaan termasuk pakaian pintar bayi dan bahkan mug cerdas.

Tech Crunch mengaku sudah mendengar bahwa Basis telah berbicara dengan Google dan lainnya mengenai sebuah akuisisi, pada harga di bawah 100 juta dolar. Mungkin Intel melampaui penawaran mereka semua atau salah satu "pelamar" yang lulus.

Basis didanai oleh Norwest Venture Partners, Mayfield Fund, dan Intel Capital, dengan investasi 30 juta dolar lebih di perusahaan itu.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014