Jakarta (ANTARA News) - Kota Solo Jawa Tengah dipastikan menjadi tuan rumah pertandingan simulasi bulu tangkis sebelum kontingen Indonesia turun pada kejuaraan beregu bergengsi Piala Thomas dan Uber di India, 18-25 Mei.

Ketua Bidang Binpres PP PBSI Rexy Mainaky di Jakarta, Rabu, mengatakan sesuai dengan rencana pertandingan simulasi yang melibatkan semua pemain ini akan dilakukan 26 April.

"Semua pemain yang disiapkan akan turun. Jadi semuanya bisa melihat kemampuan yang dimiliki tim Indonesia," katanya di sela program NET Home of Badminton di Pelatnas Cipayung Jakarta, Rabu.

Meski telah menetapkan lokasi pertandingan simulasi, mantan pemain ganda andalan Indonesia ini belum menjelaskan dengan detail siapa pemain inti yang diturunkan pada kejuaraan tahunan ini.

Jika dilihat prestasi pemain Indonesia saat ini, Tim Thomas Indonesia kemungkinan diisi oleh Tommy Sugiarto, Sony Dwi Kuncoro, Dionysius Hayom Rumbaka, Wisnu Yuli atau bahkan kembali mengandalkan Simon Santoso untuk nomor tunggal.

Nomor ganda kemungkinan besar akan mengandalkan pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Rian Agung Saputro/Angga Pratama serta pasangan Berry Anggriawan/Ricky Karanda Suwardi.

Untuk Tim Uber kemungkinan besar akan mengandalkan Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputy, Aprelia Yuswandari dan Maria Febe untuk nomor tunggal serta pasangan Greysia Polii/Nitya Krishinda, Suci Rizki/Tiara Rosalia dan Della Destiara/Anggia Shitta.

Menurut dia, persiapan atlet menjalani pertandingan simulasi akan dimulai setelah semua pemain pulang dari kejuaraan All England Super Series Premier di Birmingham Inggris, 4-9 Maret.

"Memang masih ada pemain yang akan turun di Swiss Open 11-16 Maret. Tapi itu tidak jadi masalah," kata mantan pemain nasional yang berpasangan dengan Ricky Soebagja itu.

Rexy menjelaskan saat ini pihaknya tinggal menunggu peringkat tim yang akan digunakan sebagai dasar penentuan calon lawan pada pertandingan Piala Thomas dan Uber.

(B016/N002)

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014