Dari hasil hitung cepat sementara yang dilakukan tim kami di sebelas kecamatan, kami berhasil mengumpulkan suara terbanyak di tujuh kecamatan,"
Padang (ANTARA News) - Pasangan calon Wali Kota dan wakil Wali Kota Padang Desri Yuanda-James Hellyward (DeJe) mengklaim menang di tujuh dari sebelas kecamatan di Kota Padang, pada Pilkada Padang putaran dua, Rabu(5/3).

"Dari hasil hitung cepat sementara yang dilakukan tim kami di sebelas kecamatan, kami berhasil mengumpulkan suara terbanyak di tujuh kecamatan," kata Kordinator Penghitungan Cepat pasangan DeJe, Emfikar di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan, tujuh kecamatan tersebut yakni, Padang Selatan, Padang Barat, Bungus Teluk Kabung, Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan, Nanggalo dan Koto Tangah.

Emfikar menambahkan, keunggulan tersebut berdasarkan jumlah suara yang masuk sampai pukul 17.30 WIB terhitung 27.31 persen dengan jumlah suara 151.486 dari jumlah DPT 554.724.

Keunggulan DeJe tercatat 51,11 persen dengan jumlah suara 77.429 sedangkan kandidat pasangan Mahyeldi-Emzalmi 48,89 persen dengan jumlah suara 74.057.

Namun demikian katanya, hasil tersebut belum sepenuhnya menjadi tulok ukur kemenangan, karena sejauh ini Suara yang belum masuk tercatat 72,69 persen dengan jumlah suara 403.238.

Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis KPU Padang, M Sjahbana Sjams mengatakan, hasil hitungan yang dilakukan dua pasangan calon yang mengikuti putaran dua Pilkada Padang tidak menggambarkan hasil utuh yang sebenarnya.

"Jika ada pihak yang melakukan penghitungan cepat dipersilahkan, namun yang perlu diperhatikan adalah itu bukan hasil resmi," kata Sjahbana di Padang, Rabu.

Oleh sebab itu katanya, jika melalui proses hitung cepat ada yang mengklaim telah berhasil unggul, itu bukan hasil resmi, dan sebaiknya hal tersebut harus menunggu hasil resmi dari KPU Padang.

Penetapan Pilkada Padang akan diputuskan melalui rapat pleno pada 11 Maret 2014.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014