Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia tak pernah menang selama menjalani laga Pra Piala Asia (PPA) 2015 setelah pada pertandingan terakhir melawan Arab Saudi di Stadion Prince Mohamed bin Fahd Stadium, Dammam, Kamis dinihari kalah 0-1.

Dengan kekalahan ini Timnas Garuda yang dilatih oleh Alfred Riedl itu tertahan di dasar klasemen Grup C dengan raihan satu poin dari enam pertandingan yang dijalani. Satu poin didapat saat menahan Timnas China.

Sementara Arab Saudi sukses menjadi pemucak klasemen dengan raihan 16 poin dari enam pertandingan dan berhak lolos ke putaran final di Australia 2015 mendatang.

Kekalahan yang diterima oleh Ahmad Jupriyanto dan kawan-kawan merupakan yang kedua selama PPA atas Arab Saudi. Pada pertandingan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta beberapa waktu lalu, Timnas Garuda juga kalah 1-2.

Saat menghadapi tuan rumah Arab Saudi pada pertandingan terakhir PPA Grup C, anak asuh Alfred Riedl bermain cukup tenang dengan pertahanan yang cukup solid. Bahkan beberapa kali juga melakukan tekanan.

Arab Saudi yang bermain menyerang sebenarnya menciptakan beberapa peluang. Hanya saja peluang itu masih bisa dipatahkan oleh barisan pertahanan yang dikawal Victor Igbonefo. Begitu juga dengan kiper Kurnia Meiga yang bermain cemerlang.

Pada pertandingan debut pelatih asal Austria yang disiarkan salah satu televisi swasta nasional ini bahkan mampu menahan imbang 0-0 pada babak pertama. Kondisi imbang ini membuat semangat pemain Indonesia untuk menjalani pertandingan kedua

Pada babak kedua Indonesia terus mencoba menerobos pertahanan lawan dengan mengandalkan permainan cepat pemain naturalisasi Greg Nwokolo. Namun, ketatnya pertahanan Arab Saudi membuat pemain Persebaya itu kesulitan menciptakan gol.

Justru Arab Saudi yang banyak mendapatkan peluang. Gempuran demi gempuran terus dilakukan. Hanya saja kiper Kurnia Meiga mampu bermain apik sehingga gawangnya tetap aman.

Petaka bagi Indonesia terjadi pada menit 87. Pemain tuan rumah yaitu Yasser mampu memperdayai kiper Arema Indonesia itu sehingga membuat timnya unggul 1-0.

Dalam waktu yang tersisa pemain Indonesia berusaha mengejar ketertinggalannya. Namun, apa yang dilakukan belum membuahkan hasil sehingga kemenangan tetap diraih oleh tim tuan rumah Arab Saudi. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014