London (ANTARA News) - Saham-saham di pasar saham utama Eropa menguat pada awal perdagangan Kamis, karena investor terfokus pada krisis Ukraina dan data ekonomi AS yang lemah menjelang keputusan suku bunga Bank Sentral Eropa (ECB).

Indeks acuan FTSE 100 di London naik 0,39 persen menjadi 6.802 poin, karena pasar juga menunggu hasil pertemuan kebijakan moneter terbaru dari bank sentral Inggris, Bank of England (BoE).

Pada pembukaan, indeks DAX 30 di Frankfurt naik 0,37 persen menjadi 9.577,35 poin dan indeks CAC 40 di Paris naik 0,39 persen menjadi 4.408,55 dibandingkan dengan penutupan Rabu.

Pasar Asia ditutup lebih tinggi pada Kamis karena para pemimpin Barat dan Rusia mencoba menengahi kesepakatan untuk mengakhiri krisis Ukraina, sementara Wall Street memberikan dukungan hangat setelah serangkaian data ekonomi AS lesu.

Karena ancaman konflik bersenjata di Ukraina telah berkurang, kepercayaan investor terhadap aset-aset berisiko tinggi perlahan-lahan kembali, mengirim "safe-haven" yen jatuh terhadap dolar dan euro.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Paris pada Rabu, untuk pertama kalinya sejak krisis atas Ukraina dimulai, dan sementara tidak ada terobosan dibuat, kedua belah pihak akan mencoba lagi pada Kamis sore waktu setempat di Roma.

Jauh dari Ukraina, perhatian pada sore hari akan berada di Bank Sentral Eropa dan bank sentral Inggris ketika mereka mengumumkan keputusan kebijakan moneter terbaru mereka di tengah pemulihan ekonomi untuk zona euro dan Inggris.

Wall Street berakhir bervariasi pada Rabu setelah data pekerjaan AS di bawah perkiraan, demikian mengutip laporan AFP.

(SYS/A026/S004)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014