Berlin (ANTARA News) - Para pemimpin Jerman dan Inggris akan secara resmi membuka pameran teknologi tinggi terbesar di dunia hari Minggu lusa, di tengah debat global mengenai keamanan data menyusul pembeberan aksi penyadapan online oleh AS dan Inggris.

Kanselir Jerman Angela Merkel bergabung dengan rekannya Perdana Menteri David Cameron untuk meresmikan pameran CeBIT di Hanover, Jerman, sepuluh hari setelah kunjungannya ke London.

Baik Berlin maupun London terjebak dalam skandal penyadapan yang dibeberkan buron intelijen AS Edward Snowden, namun aksi Rusia di Ukraina mungkin akan menjadi fokus pembicaraan bilateral mereka.

Inggris adalah negara mitra pada CeBIT tahun ini yang akan berlangsung sejak Senin dan berfokus pada tema "databilitas", yaitu kemampuan menggunakan data secara cepat dan bertanggungjawab.

Sekitar 3.400 peserta dari seluruh dunia akan mendirikan gerai di hall berbentuk hanggar pada pameran IT di mana robot-robot futuristik dan 300 start-up teknologi akan bercengkerama dengan teknologi komputer tercanggih, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014