Pekanbaru (ANTARA News) - Kepolisian Sektor Tebing Tinggi, Polres Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, menemukan titik batu kebakaran lahan di tengah kota Selatpanjang dan telah menghanguskan lebih sepuluh hektare pada Kamis (6/3).

"Lokasi kebakaran berada di sekitar Jalan Manggis, Gang Kelapa, Selatpanjang," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo lewat pesan elektronik yang diterima, Jumat siang.

Guntur mengatakan, sepuluh hektare lahan tersebut milik masyarakat, dan telah dilakukan tindakan pemadaman bersama-sama dengan warga sekitar walau dengan peralatan terbatas.

Ia mengatakan, anggota juga masih menyelidiki penyebab kebakaran.

"Sampai saat ini api telah padam namun masih mengeluarkan asap karena lahan gambut serta cuaca panas," katanya.

Guntur mengatakan, kondisi kebakaran hutan dan lahan untuk jajaran Polres Meranti sebagian besar telah berhasil dipadamkan.

Namun sebagian lahan bekas kebakaran yang ada di jajaran sampai saat ini masih mengeluarkan asap karena kondisi cuaca panas serta tiupan angin kencang diperparah tidak adanya hujan.

Seluruh masyarakat yang berada di sekitar lahan kebakaran menurut dia masih siaga api dan melakukan pemadaman asap untuk antisipasi api muncul kembali dan menjalar ke lahan masyarakat lainnya.

Personel polsek jajaran kata Guntur masih melaksanakan kegiatan patroli di lokasi bekas kebakaran lahan guna memantau kondisi asap dan api.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014