Kita berkomitmen untuk mengembangkan bibit unggulan kelapa sawit yang mampu meningkatkan produktivitas,"
Kisaran, Sumatera Utara (ANTARA News) - PT Bakrie Sumetera Plantations Tbk (BSB) mengembangkan produksi benih unggul pohon kelapa sawit dalam upaya membantu pemerintah mempercepat program revitalisasi perkebunan di dalam negeri.

"Kita berkomitmen untuk mengembangkan bibit unggulan kelapa sawit yang mampu meningkatkan produktivitas," kata Direktur Utama PT ASD-Bakrie Oil Palm Seed Indonesia, Atok Hendrayatno Tejolaksono kepada pers di Kisaran, Jumat.

Hal tersebut disampaikan saat dirinya mendampingi Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan meninjau Kebun Benih Unggul "Bakrie Seed Garden" milik PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (BSP)".

Hadir dalam peninjauan itu antara lain Dirjen Perkebunan Kemtan Gamal Nasir dan Dirut PT BSP M Iqbal Zainuddin.

Dikatakan, BSP dan ASD Costa Rica, sebuah perusahaan asal Kosta Rika, sejak 2008 telah menjalin kerjasama usaha dengan mendirikan perusahaan patungan, PT ASD-Bakrie Oil Palm Seed Indonesia.

Dengan demikian semua perusahaan di Indonesia yang membutuhkan kecambah ASD Cista Rica harus melalui BSP.

Sampai 2013 perusahaan memasarkan kecambah dari ASD Costa Rica sebanyak 24,7 juta kecambah yang dipesan 16 kelompok perkebunan di Indonesia.

Dia mengakui sekalipun benih yang dihasilkan diklaim memiliki produktivitas tinggi, tapi belum bisa memasarkan ke kalangan luas.

"Kami berharap pemasaran benih unggul secara luas dapat dilakukan akhir tahun ini setelah diharapkan November 2014 sudah mengantungi izin dari Kementerin Pertanian," kata Atok.

Sementara itu, Wamentan Rusman Heriawan mengatakan pemerintah mendukung swasta yang mengembangkan pengembangan bibit unggul kelapa sawit.

Menurutnya, hal itu sejalan dengan program pemerintah yang menginginkan petani dan perkebunan sawit meningkatkan produktivitas tandan buah segar.

"Seperti kita ketahui banyak pohon sawit yang harus diganti karena faktor usia sehingga membutuhkan bibit berkualitas," kata Rusman.

Dia berharap dengan adanya upaya swasta mengembangkan benih unggulan maka diharapkan petani dan perusahaan perkebunan bisa mendapatkan bibit berkualitas.(*)

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014