... meningkatkan profesionalisme prajurit kedua satuan serta masing-masing pihak dapat memberikan pengalamannya kepada pihak lain... "
Jakarta (ANTARA News) - Latihan gabungan Pasukan Pengamanan Presiden Markas Besar TNI dengan US Army Special Forces, berkode Garuda Shadow 2014, selesai dilaksanakan, sejalan upacara penutupan di Markas Komando Grup C pasukan TNI itu, di Lawang Gintung, Bogor, Jawa Barat, kemarin (7/3). 

Dari TNI, sesuai keterangan Pusat Penerangan Markas Besar TNI, di Jakarta, Sabtu, pucuk pimpinan yang hadir dalam upacara itu adalah Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden Markas Besar TNI, Brigadir Jenderal TNI Marinir Guntur Ciptolelono, yang melibatkan 40 personel gabungan TNI dan belasan lain personel mitra Amerika Serikatnya. 

Garuda Shadow 2014 selama sebulan ini berlokasi latihan di beberapa tempat, di antaranya Lawang Gintung, Markas Komando Pasukan Khusus TNI AD di Cijantung, dan sejumlah fasilitas umum di Taman Mini serta Taman Impian Jaya Ancol, di Jakarta.
 
Latihan bersama ini bertujuan meningkatkan profesionalisme prajurit kedua satuan serta masing-masing pihak dapat memberikan pengalamannya kepada pihak lain, sehingga kemampuan tingkat perorangan maupun tingkat satuan bisa berkembang.
 
TNI dengan US Army Special Forces di bawah US Pacific Command di Hawaii, Amerika Serikat, telah melaksanakan latihan bersama Garuda Shadow sejak 2009.

"Latihan ini secara rutin setiap tahunnya merupakan bukti semakin meningkatnya hubungan baik angkatan bersenjata kedua negara," kata Ciptolelono.
 
Dia menilai semangat kedua satuan antar negara dalam latihan ini sangat luar biasa dalam menciptakan latihan berkualitas juga untuk meningkatkan hubungan persahabatan antar personel. 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014