Mereka terbang di atas laut-laut publik dan tidak ada pelanggaran wilayah udara kami."
Tokyo (ANTARA News/AFP) - Jepang mengerahkan jet militer pada Ahad untuk menghadapi tigas pesawat militer China, yang terbang dekat wilayah udara Jepang, kata pejabat pertahanan Negeri Matahari Terbit itu.

Satu pesawat Y-8 dan dua pembom H-6 terbang di Laut China Timur di wilayah udara internasional di antara pulau Jepang selatan dan kembali ke arah China pada jalur sama pada Ahad pagi, kata juru bicara Staf Gabungan Kementerian Pertahanan Jepang.

"Mereka terbang di atas laut-laut publik dan tidak ada pelanggaran wilayah udara kami," katanya. Namun, ia menolak memberikan penjelasan yang lebih terinci mengenai insiden itu.

Jepang dan China terlibat sengketa wilayah menyangkut pulau-pulau di Laut China Timur yang dikuasai Jepang yang Tokyo sabut Kepulauan Senkaku, tetapi China menamakannya Kepulauan Diaoyu.

Kapal dan pesawat pemerintah China terlihat meninggalkan pulau-pulau yang disengketakan beberapa kali sejak Jepang menasionalisasi pulau itu September 2012, kadang-kadang dalam zona 12 mil laut.
(Uu.H-RN)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014