Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin melantik Kepengurusan PSSI Sulawesi Utara yang diketuai Jackson Andre W Kumaat, di Manado, Sabtu (8/3).

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Minggu, Jackson Kumaat yang akrab disapa Jacko menyatakan, dalam sehari tersebut terdapat dua acara sekaligus, yaitu menghadirkan Ketua umum PSSI Djohar Arifin Husin dan meluncurkan Liga Sulut yaitu liga sepakbola pertama di Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya, Ketum PSSI, Djohar Arifin Husin mengatakan, bahwa dirinya sangat yakin jika sepakbola Sulawesi Utara akan bangkit di bawah kepemimpinan Jackson Kumaat.

"Hari ini menjadi tonggak sejarah bagi persepakbolaan Sulawesi Utara. Kita berbangga pernah punya Opa Mangindaan ( Alm. AE Mangindaan) dan sekarang ini ada anak muda yang luar biasa ingin membangkitkan sepakbola Sulawesi Utara. Saya bangga dengan Jackson Kumaat," kata Djohar Arifin Husin yang disambut tepuk tangan ratusan penggila bola yang hadir.

Sementara itu, Ketua PSSI Sulawesi Utara, Jackson Kumaat mengatakan, komitmennya terkait persepakbolaan Sulawesi Utara.

Menurut dia, sebagai gudangnya pemain sepakbola handal, Sulawesi Utara harus kembali berjaya baik secara regional maupun nasional sehingga mampu mengangkat kembali nama harum sepakbola Indonesia.

"Jika ditanya tentang apa yang akan saya lakukan, itu sudah saya jawab sejak tiga tahun yang lalu, dimana saya membawa tim Pra Pon Sulut dan berbagai program selama saya menjabat sebagai ketua PSSI Manado," katanya.

Jackson menegaskan bahwa sepakbola Sulut harus bangkit, karena provinsi tersebut merupakan gudangnya pemain nasional.

Dia menambahkan Sulawesi Utara merupakan salah satu propinsi yang berhasil mencetak pemain sepakbola nasional, seperti Firman Utina, Jendry Pitoy dan Reynald Mewengkang, sehingga dengan pelantikan kepengurusan itu menjadi harapan baru, akan terbitnya Firman Utina  yang baru.

Kepengurusan Asosiasi Provinsi PSSI Sulut dilantik di Stadion utama Klabat Manado, dengan menggunakan pakaian olahraga, Jackson Kumaat bersama 100 orang pengurus lainnya dilantik secara langsung oleh Ketua umum PSSI, Djohar Arifin Husin. Turut dilantik juga Ketua kehormatanc PSSI Sulut, GS Vicky Lumentut yang juga adalah Walikota Manado.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014