Di mana dalam pelaksanaan pelipatan surat suara, selain diawasi KPU, juga akan dikawal aparat kepolisian..."
Sentani (ANTARA News) - Puluhan masyarakat umum dan pihak gereja di Kabupaten Jayapura, Papua, dilibatkan untuk melipatdan menyortir surat suara untuk pemilihan umum (pemilu) legislatif yang akan berlangsung pada 9 April 2014, kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura Hanock Mariai.

"Proses pelipatan dan penyortiran surat suara ini ditargetkan selama lima hari kerja," katanya di Sentani, Senin.

Setelah pelipatan dan penyortiran, menurut dia,  surat suara bersama logistik lainnya didistribusikan ke berbagai tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh Kabupaten Jayapura.

Ia mengatakan, distribusi logistik pemilu itu akan terus diawasi petugas KPU, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) maupun aparat keamanan, agar berjalan lancar dan sesuai dengan target, termasuk melibatkan maskapai misi persahabatan gereja (Mission Aviation Fellowship/MAF-AMA).

"Di mana dalam pelaksanaan pelipatan surat suara, selain diawasi KPU, juga akan dikawal aparat kepolisian dan Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Surat suara yang diterima KPU Kabupaten Jayapura dari KPU Pusat berjumlah 477.488 lembar.

Surat suara itu, dikemukakannya, terdiri atas surat suara DPR RI 119.370 lembar, DPRD provinsi 119.370 lembar, DPR kabupaten untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I 56.100 lembar, Dapil II 21.395 lembar, Dapil III 19.987, dan Dapil IV 21.896 lembar.

"Targetnya pada H-5 diupayakan sudah sampai ke lokasi-lokasi yang dituju, sedangkan untuk wilayah yang sulit dijangkau, seperti Distrik Airu, Yokari, dan Ravenirara akan diprioritaskan dengan menggunakan pesawat AMA," katanya.

Untuk teknis pelipatan, pihaknya melakukan evaluasi kerja setiap hari agar dapat selesai sesuai dengan target.

Berdasarkan data KPU Kabupaten Jayapura pada 2013, jumlah warga yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) pemilu ada 114.537 orang dengan jumlah TPS 348 tempat.

Pemilu diikuti 12 partai dengan empat dapil, yaitu Dapil I, yakni Distrik Sentani, Dapil II terdiri atas Distrik Sentani Timur, Sentani Barat, Ebungfao, dan Waibu, Dapil III terdiri atas Distrik Depapre, Unurum Guay, Demta, Kaureh, Airu, Ravenirara, dan Yokari.

Selain itu, Dapil IV terdiri atas Distrik Kemtuk, Kemtuk Gresi, Nimboran, Nimbokrang, Namblong, Yapsi, dan Gresi Selatan. (*)

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014