Saya berharap para orangtua menjaga mental, perilaku dan belajar anak-anaknya yang akan mengikuti UN serta membimbing anak-anak untuk berdoa."
Pontianak (ANTARA News) - Sejumlah sekolah menengah atas di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat sudah menyiapkan mental siswanya untuk menghadapi ujian nasional yang akan dilaksanakan 14-16 April mendatang.

"SMAN 1 Sintang telah menyiapkan siswa menghadapi UN sejak awal masuk Kelas XII. Kami berusaha menyiapkan mental para siswa sejak awal mereka duduk di Kelas XII," kata Kepala SMAN 1 Sintang, Edi Sunaryo saat dihubungi, Senin.

Ia mengatakan berbagai strategi sedang dijalankan sekolah untuk menyiapkan siswanya menghadapi UN yang akan dilaksanakan pada 14-6 April.

Menurut dia penyiapan mental siswa sangat penting dilakukan agar para siswa dapat mengikuti UN dengan tenang. Sekolah sudah memberikan pemahaman kepada siswa untuk menyiapkan diri mengikuti UN. SMAN 1 Sintang juga berupaya menciptakan suasana belajar yang disiplin baik guru maupun siswanya.

"Bagi siswa Kelas XII juga dilaksanakan penambahan jam belajar mereka untuk memperkaya kemampuan siswa," kata Edi.

Dia menambahkan SMAN 1 Sintang telah melaksanakan tiga kali try out atau uji coba ujian. Ia mengaku optimistis para siswa akan sukses dalam UN mendatang. Selain pembekalan materi, SMAN 1 Sintang juga memberikan pembekalan spiritual kepada para siswanya.

"Saya berharap para orangtua menjaga mental, perilaku dan belajar anak-anaknya yang akan mengikuti UN serta membimbing anak-anak untuk berdoa," katanya.

Sementara Kepala SMAN 3 Sintang, Heri Bertus mengatakan pihaknya juga terus mempersiapkan siswanya untuk mengikuti UN.

"Saat ini tinggal persiapan akhir. Pengayaan dan try out telah dilakukan. Hasil try out pun sudah kelihatan bagus," katanya.

Dia mengatakan meski terus melakukan persiapan UN kepada para siswanya, SMAN 3 Sintang tetap tidak melupakan kegiatan olah rasa, olah raga dan olah pikir.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Binjai Hulu, Tulus Santoso mengaku masih cemas dengan hasil try out para siswanya. Dia mengatakan dari dua kali try out yang sudah dilaksanakan, hasilnya masih belum 100 persen. (N005/Z003)

Pewarta: Nurul Hayat
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014