Mulai awal April, Sumut akan mengalami musim penghujan kembali"
Medan (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat suhu di beberapa wilayah di Sumatera Utara cukup panas hingga mencapai 35 derajat celsius.

Kabid Pelayanan Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Hendra Suwarta, di Medan Rabu mengatakan, suhu panas itu diprakirakan akan berlangsung hingga akhir Maret.

"Mulai awal April, Sumut akan mengalami musim penghujan kembali," katanya.

Menurut Hendra, selain faktor musim kemarau, kondisi suhu panas tersebut diprakirakan karena matahari sedang mendekati garis ekuator.

Suhu panas tersebut diprakirakan akan mengalami puncak pada 21 Maret 2014 karena posisi matahari persis berada di atas bumi Indonesia.

"Kalau tidak ada mendung atau hujan, mungkin suhu cukup panas karena posisi matahari dekat dengan kita," katanya.

Meski sedang mengalami musim kemarau, tetapi Sumut tetap memiliki peluang curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang berpeluang turun pada sore hingga malam hari.

Sebelumnya, BMKG Wilayah I Medan juga mencatat adanya 22 titik api di Sumut pada Senin (10/3) pukul 16.00 WIB akibat suhu yang panas melalui pemantauan satelit NOAA.

Titip api itu berada di Kabupaten Tapanuli Utara (satu titik), Tapanuli Selatan (delapan titik), Mandailing Natal (dua titik), Labuhan Batu Utara (satu titik), Labuhan Batu Selatan (satu titik), Asahan (satu titik), Karo (satu titik), Padang Lawas (satu titik), Toba Samosir (dua titik), Langkat (dua titik), Humbang Hasundutan (satu titik), dan Kota Binjai (satu titik).

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014