... mengatasi bencana asap di Riau akan dikerahkan pesawat Hercules C-130 untuk modifikasi cuaca... "
Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Nugroho, mengatakan satu pesawat C-130 Hercules TNI AU dijadwalkan akan tiba di Kota Pekanbaru, Jumat besok (14/3), untuk membantu proses pemadaman kebakaran di Provinsi Riau.

"Untuk mengatasi bencana asap di Riau akan dikerahkan pesawat Hercules C-130 untuk modifikasi cuaca," kata dia, di Pekanbaru, Kamis.

C-130 Hercules TNI AU itu akan membantu memodifikasi cuaca di udara, setelah selama ini memakai CASA C-212 Aviocar

Menurut dia, upaya serius akan dilakukan untuk mengurangi kepekatan asap yang mengganggu penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Dengan harapan, kepekatan asap akan berkurang dan tidak mengganggu jarak pandang.

"Akan dioperasikan enam unit ground based generator sistem penyemprot air di Bandara SSK II, Pekanbaru untuk mengurangi kepekatan asap," ujarnya.

Menurut dia, dampak pembakaran lahan dan hutan di Riau makin meluas karena asap menyelimuti hampir keseluruhan wilayah di Riau dan Sumatera Barat. Arah angin yang dominan dari timur laut ke barat daya membawa asap menyebabkan asap meluas.

Jarak pandang di Kota Pekanbaru terus merosot dan pada sore sekitar pukul 15.00 WIB hanya mencapai sekitar 200-300 meter. Selama dua hari terakhir aktivitas penerbangan di Bandara Pekanbaru lumpuh.

Ia mengatakan, jumlah titik api dari satelit NOAA18 ada 46 titik dan dari satelit Modis Terra dan Aqua ada 137 titik di Riau pada Kamis (13/3).

"Titik api ini lebih rendah dibandingkan dengan data sehari sebelumnya ada 168 titik dari NOAA18 dan 2.046 titik dari Modis," katanya.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014