Carlos (Tevez) mengalami cedera otot tandon. Kami terus melakukan perawatan sejak pekan lalu. Kami akan memantau dia hari ini (Rabu) dan segera membuat keputusan
Turin (ANTARA News) - Apa arti sebuah kenangan di deret ukur harapan masa depan, karena masa lalu sekedar hempasan hati terluka? Allesandro Matri, yang sempat membela Juventus pada 2011-2013 kini membela Fiorentina dalam duel antara sesama wakil Italia di sirkuit Liga Europa.

Hati Matri seakan diiris sembilu. Hatinya seakan dipatroli oleh masa kini, karena hanya dalam hitungan kurun lima hari, Juventus dan Fiorentina bersua dua kali di Juventus Stadium. "Derby Italia", begitulah orang seantero menyebutnya.

"I Bianconeri" akan menjamu "I Viola" dalam laga pertama babak 16 besar Liga Eropa 2013/2014 yang digelar di Juventus Stadium pada Kamis waktu setempat, atau Jumat dini hari, pukul 03.05 WIB. Pertandingan akan ditayangkan SCTV.

Matri lantas tidak ingin berkecil hati. Sebagai tuan rumah, Juventus masih memuncaki klasemen Serie A. Pirlo dan kawan-kawan memetik rekor apik bertanding di kandang dengan selalu meraih kemenangan dalam 12 laga berturut-turut di semua ajang kompetisi.

Matri ingin memutus rantai mimpi lawan. Ia berharap dapat mencetak gol bagi Fiorentina ketika berkunjung ke Juventus. Ia tergerak oleh keping fakta masa lampau bahwa rekor duel kedua tim ternyata imbang saja.    

"Ini kali ketiga saya datang ke sini dalam kurun setahun belakangan, sehingga saya berharap bahwa saya merasakan asa emosional dari Juventus Stadium. Akankah saya mencetak gol? Saya berharap demikian," kata pemain depan itu dalam sebuah jumpa pers.

Matri telah turun bermain di Turin membela Milan dan Fiorentina di Serie musim ini, keduanya menuai kekalahan.

"Kekuatan Juventus sudah terbukti  dan mereka terus mengukuhkan diri musim ini. Saya berharap mereka menuai sukses demi sukses."

"Dua penyerang mereka sama-sama hebat, hanya saja ketika melawan Fiorentina,  cedera menyandera Giuseppe Rossi dan Mario Gomez."

Dilaporkan bahwa Gomez akan bermitra bersama Matri untuk kali pertama di pertandingan besok. "Kami telah berlatih bersama yang membuat kami dapat lebih kompak menjalin kerjasama satu sama lain. Dalam banyak peristiwa, anda kerap membutuhkan keseimbangan."

Data dan fakta kedua tim:
* Kedua tim sudah saling bertemu dan berduel di Serie A. Bianconeri kalah 1-0 dan mampu melaju ke final Piala UEFA 1990. Dino Zoff membawa pemain Juventus menang 3-1 dalam agregat ketika berhadapan dengan Francesco Graziani Viola.

* Susunan dalam pertandingan di Turin pada 2 Mei 1990:
Juventus: Tacconi, Napoli, De Agostini, Bonetti, Bruno (Alessio 46), Galia, Aleinikov, Marocchi, Rui Barros, Schillachi, Casiraghi.
Fiorentina: Landucci, Dell'Oglio, Battistini, Volpecina, Di Chiara, Dunga, Kubík (Malusci 87), Pin, Buso, R Baggio, Nappi.

* Ini pertandingan ke-29 derbi dua tim asal Italia dalam kompetisi UEFA, sebanyak 28 pertandingan menghasilkan 15 kali kemenangan kandang dan lima kemenangan tandang.

* Juventus telah bertemu tim lawan yang sama-sama dari Italia dalam 11 pertandingan UEFA. Hasilnya, mereka tiga kali menang, empat kali imbang, empat kali kalah. Hasil itu mencakup juga imbang 0-0 melawa AC Milan pada final Liga Champions 2002/2003 di Old Trafford. Milan menang 3-2 lewat adu penalti.

* Sejak Agustus 2004, hanya satu tim yang mampu mengalahkan Juventus dari 35 pertandingan yang diikuti tim-tim Eropa yang digelar di Turin yakni FC Bayern Muenchen.

* Fiorentina maju ke babak penyisihan grup (lima kali menang, sekali imbang), dengan menyisihkan Grasshoper. Mereka tidak terkalahkan dari delapan pertandingan melawan  Ludogorets Razgrad, FC Salzburg, Sevilla FC, Olympique Lyonnais dan AZ Alkmaar.

* Fiorentina lolos ke babak 16 besar dalam kompetisi ini pada 2007/08, dengan mengalahkan Everton lewat adu penalti, juga menyisihkan Rangers.

* Bek kiri Fiorentina Manuel Pasqual merayakan ulang tahun ke-32 dalam pertandingan ini.

* Gelandang Fiorentina Alberto Aquilini, akan membuat penampilan ke-50 dalam laga di Turin ini. Aquilani dan rekan sesama timnya David Pizarro akan bermain.

* Pemain depan Fabio Quagliarella bermain untuk Fiorentina di Serie C2 di awal kariernya. Ia mencetak gol perdana ketika ia diboyong dari Torino FC pada 2002.

* Penjaga gawang cadangan Juventus Marco Storari pernah bermain untuk Fiorentina. Ia dibeli dari AC Milan pada 2008/09, meski ia hanya turun dalam satu pertandingan di Coppa Italia. Pertandingan itu berakhir dengan kekalahan 1-0.

* Pemain Juventus Andrea Pirlo turun dalam 123 pertandingan dalam kompetisi UEFA. Juventus menjadi satu dari tiga tim yang pernah tiga kali menjadi juara Piala Eropa, bersama Inter Milan (1990/91, 1993/94, 1997/98) dan Liverpool FC (1972/73, 1975/76, 2000/01).

Komentar dua pelatih:

Antonio Conte (Juventus):

"Paul (Pogba) dalam kondisi baik dan saya beranggapan ia dapat tampil baik nanti. Jangan lupa bahwa ia masih berusia 20 tahun. Ia tampil dalam kejuaraan Piala Dunia U-20. Ia masih muda dan tidak punya masalah untuk menjelajahi lapangan."

"Carlos (Tevez) mengalami cedera otot tandon. Kami terus melakukan perawatan sejak pekan lalu. Kami akan memantau dia hari ini (Rabu) dan segera membuat keputusan."

"Saya bisa saja melakukan sejumlah perubahan dalam begitu banyak pertandingan. Saya senantiasa mengambil kesempatan untuk meraih kemenangan. Kami terus melakukan rotasi pemain, dan berharap mereka dapat tampil sama baik ketika berlaga di ajang domestik dan Eropa."

"Liga Eropa merupakan kompetisi yang memesona, meski tidak mudah juga. Pertandingan ini memberi kami tambahan pengalaman internasional."  

Vincenzo Montella (Fiorentina):
"Kami tidak akan membuat kalkulasi apapun, meski melawan tim manapun juga. Sesungguhnya, saya berharap dapat menang dengan lebih dari satu gol."

"Saya yakin Juve akan berusaha menguasai tempo permainan. Saya senang bahwa Borja (Valero) siap menunjukkan penampilan terbaiknya. Andrea Pirlo punya peran besar bagi Juve, tentu jika Antonio Conte tidak mengistirahatkan dia dalam pertandingan besok..."

"Tim yang terkuat dan tim yang berprestasi kerapkali tidak selalu keluar sebagai pemenang. Kami menghormati lawan, dan kami siap menghadapi mereka dengan menunjukkan penampilan berkualitas. Ini tantangan yang kami selalu hadapi."

Prakiraan susunan pemain:
Juventus (3-5-2):
Buffon (penjaga gawang), Chiellini, Bonucci, Caceres, Asamoah, Pogba, Pirlo, Vidal, Isla, Giovinco, Osvaldo
Pemain cadangan:
Storari, Barzagli, Ogbonna, Lichsteiner, Marchisio, Peluso, Llorente

Fiorentina (3-5-1-1):
Neto (penjaga gawang), Tomovic, Gonzalo, Savic, Cuadrado, Mati Fernandez, Pizarro, Borja Valero, Pasqual, Ilicic, Matri
Pemain cadangan:
Rosati, Roncaglia, Vargas, Ambrosini, Aquilani, Matos, Gomez   

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Juventus 2-0 Fiorentina (29,5 persen)
* Juventus 3-0 Fiorentina (11,51 persen)
* Juventus 0-9 Fiorentina (  9,4 persen)

Head to Head:
Serie A (ITA1)
  9 Mar  2014  Juventus 1 - Fiorentina 0     
20 Oct  2013   Fiorentina 4 - Juventus 2     
  9 Feb 2013   Juventus 2 - Fiorentina 0     
25 Sep 2012   Fiorentina 0 - Juventus 0     
17 Mar 2012   Fiorentina 0 - Juventus 5     

Lima laga terakhir:    

Juventus
9   Mar 2014    Juventus 1 - Fiorentina 0    ITA1
2   Mar 2014    AC Milan 0 - Juventus 2    ITA1
27 Feb 2014    Trabzonspor AŞ 0 - Juventus 2    EL
23 Feb 2014    Juventus 1 - Torino 0    ITA1
20 Feb 2014    Juventus 2 - Trabzonspor AŞ 0    EL

Fiorentina
9   Mar 2014    Juventus 1 - Fiorentina 0    ITA1
2   Mar 2014    Fiorentina 0 - Lazio 1    ITA1
27 Feb 2014    Fiorentina 1 - Esbjerg 1    EL
24 Feb 2014    Parma 2 - Fiorentina 2    ITA1
20 Feb 2014    Esbjerg 1 - Fiorentina 3    EL

Narasi atas prediksi:
* Juventus terus memompa semangat karena mereka telah unggul 11 poin atas AS Roma (peringkat kedua) dalam klasemen Serie A.

* Conte tidak ingin tergelincir manakala menghadapi La Viola. Ia ekstra hati-hati dengan gelombang serangan balik dari barisan depan Fiorentina.

* Grafik penampilan Fiorentina sedang mengalami penurunan beberapa pekan ini.
 
Prediksi hasil pertandingan menurut editor Antaranews.com:
Juventus: 3
Fiorentina: 1

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014