Pekanbaru (ANTARA News) - Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman terpaksa pulang ke Pekanbaru dengan menempuh jalur darat karena seluruh maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II menghentikan operasinya hingga Sabtu (15/3).

"Saya sekarang sedang berada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan menunggu penerbangan ke Padang. Untuk selanjutnya melalui jalur darat menuju Pekanbaru," katanya saat dihubungi melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Kamis.

Wagub Riau ke Jakarta dalam rangka menghadiri forum diskusi Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang digelar Rabu (12/3), dan menyampaikan aspirasi pemerintah daerah kepada pemerintah pusat dengan salah satu tema pembangunan infrastruktur daerah.

Arsyadjuliandi Rachman mengakui saat dirinya berada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, banyak warga Riau yang ingin pulang ke Pekanbaru akhirnya memilih melakukan pejalanan udara lewat Padang.

Bandara Internasional Minangkabau Padang menjadi salah satu alternatif bagi warga Riau yang berada di Jakarta dan ingin melakukan perjalanan udara dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam, kemudian ke Pekanbaru lewat jalur darat yang ditempuh 7 jam.

"Bahkan, ada juga yang pulang lewat Medan," katanya.

Bersama wagub Riau, turut mendampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif dan Kepala Satgas Tanggap Darurat Asap Riau Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto yang juga Komandan Korem 031/Wira Bima.

Sebanyak 16 maskapai penerbangan menghentikan seluruh rute penerbangan menuju Pekanbaru terhitung mulai Kamis (13/3) hingga Sabtu (15/3), akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan Riau.

Maskapai tersebut tergabung dalam Komite Operator Maskapai Penerbangan (Airlines Operator Comittee/AOC) Pekanbaru.

"Seluruh penerbangan dihentikan sampai 15 Maret. Ada kemungkinan diperpanjang apabila kondisi asap tidak kunjung membaik," ucap Ketua AOC Pekanbaru Ahmad Nixon.

Otoritas Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyatakan operasional bandara tidak tutup, meski sejumlah perusahaan maskapai penerbangan menghentikan sementara penerbangan akibat asap kebakaran lahan dan hutan di Riau.

"Kita tetap melayani. Bandara tidak tutup," kata Pelaksana Tugas GM Bandara SSK II Hasturman Yunus.

(M046/E005)

Pewarta: M Said
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014