Surabaya (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan berkampanye dalam Pemilihan Umum Legislatif di Jawa Timur pada tiga lokasi, yakni di Tulungagung pada 18 Maret, Malang pada 22 Maret dan Sidoarjo pada 5 April.

"Kebetulan ketua umum jadwalnya tiga kali di Jatim dan ini merupakan kehormatan. Tapi di provinsi lain, SBY juga pasti menjadi juru kampanye," ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Dipilihnya tiga daerah tersebut sebagai lokasi kampanye akbar karena berdasarkan evaluasi partai. Menurut dia, di Tulungagung, Malang, Sidoarjo dan beberapa daerah yang ada di sekitarnya selama ini perolehan suara Partai Demokrat sangat minim.

"Hasil survei terhadap titik-titik lemah ada di daerah tersebut. Kami harapkan suara Demokrat menjadi lebih baik pada Pemilu kali ini," kata politisi yang akrab disapa Pakde Karwo itu.

Sementara itu, Gubernur Jatim tersebut dipercaya oleh SBY sebagai salah satu juru kampanye nasional dan diberi tugas berkeliling Pulau Jawa memenangkan partai bernomor urut tujuh itu.

"Kebetulan saat ketua umum ke Jatim beberapa waktu lalu, saya ditelepon untuk menjadi juru kampanye nasional dan diminta membuat surat izin cuti ke Menteri Dalam Negeri. Surat sudah saya sampaikan dan diizinkan," katanya.

Pakde Karwo yang juga menjabat Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu akan berkampanye di semua daerah di Pulau Jawa. Pihaknya mengimbau kepada semua kader di daerah, khususnya calon legislator agar melakukan pendekatan damai dan memberi bukti ke rakyat.. 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014