Kami tentunya siap di luar pemerintahan, tapi kita siap mendukung partai yang menawarkan program-program yang menyejahterakan rakyat"
Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat menyatakan siap berada di luar pemerintahan namun akan tetap mendukung partai pemenang pemilu yang memiliki program-program peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Kami tentunya siap di luar pemerintahan, tapi kita siap mendukung partai yang menawarkan program-program yang menyejahterakan rakyat," kata Ketua Harian Partai Demokrat Sjarifuddin Hasan di Jakarta, Jumat.

Ia menegaskan, meski telah siap, partainya bukan lantas menjadi oposisi. Sikap partainya nanti, kata dia, berbeda dengan menjadi partai oposisi.

"Sepanjang ada yang menawarkan program yang menyejahterakan rakyat kita dukung 100 persen, tapi bukan berarti kita menjadi oposisi," kata dia.

Pihaknya sendiri menganggap kesejahteraan masyarakat dalam posisi baik jika taraf dan kualitas hidup terus membaik.

Kualitas hidup masyarakat sendiri diukur dari indeks penghasilan masyarakat, tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan kualitas lingkungan.

Dia mengklaim selama menjadi partai penguasa telah banyak diluncurkan program-program untuk meningkatkan pertumbuhan dan perekonomian, salah satunya program Masterplan Percepatan dan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Program ini menekankan keterhubungan antarprovinsi dan pulau-pulau di Indonesia untuk meningkatkan perekonomian.

Di bawah pemerintahan SBY, kata dia, perekonomian Indonesia terus tumbuh menjadi 16 besar dunia dengan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 1 triliun dolar AS dan Indonesia masuk G20.

MP3EI yang disusun pemerintah pusat, gubernur, ekonom, pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) adalah program pembangunan jangka panjang untuk periode 2011-2025.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014