Saya berharap Komite Konvensi Capres Partai Demokrat melakukan pengerucutan tiga besar peserta konvensi dengan berdasarkan kepada hasil survei independen yang kredibel dan objektif,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Dede Yusuf meminta agar 11 peserta konvensi calon presiden partai itu di dikerucutkan menjadi tiga nama.

"Saya berharap Komite Konvensi Capres Partai Demokrat melakukan pengerucutan tiga besar peserta konvensi dengan berdasarkan kepada hasil survei independen yang kredibel dan objektif," kata Dede Yusuf dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dede Yusuf mengatakan permintaannya itu terkait dengan diumumkannya Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden PDIP untuk Pilpres 2014, juga berdasarkan dinamika kontestasi yang ada.

Ia mengatakan pengumuman tiga besar kandidat capres itu sangat penting untuk meningkatkan konstelasi konvensi dan memperkuat sinergitas antara mesin politik Demokrat dengan mesin politik para kandidat.

"Siapapun yang keluar menjadi tiga besar harus didukung seluruh kader Demokrat dan simpatisan delapan capres yang tidak lolos," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Jawa Barat itu.

Menurut Dede Yusuf, pengumunan tiga kandidat capres itu akan berpengaruh besar pada kader Demokrat di akar rumput.

"Saya yakin Komite Konvensi sudah mempunyai agenda matang tentang tahapan pergerakan, namun kader Demokrat di akar rumput berharap pengumuman tiga besar capres konvensi akan membuat mesin politik semakin bergerak masif," kata mantan Wakil Gubernur Jawa Barat itu.

Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat diikuti 11 peserta, yakni Ali Masykur Musa, Anies Baswedan, Dahlan Iskan, Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, Gita Wirjawan, Hayono Isman, Irman Gusman, Marzuki Alie, Pramono Edhie Wibowo, dan Sinyo Harry Sarundajang.(*)

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014