Selasa, 29 Juli 2014

DKI-Lampung kerja sama penyediaan kebutuhan pangan

Jumat, 14 Maret 2014 23:55 WIB | 4.032 Views
DKI-Lampung kerja sama penyediaan kebutuhan pangan
ilustrasi Pekerja merapihkan beras di Pasar Lama, Tangerang, Banten, Senin (17/2). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan Pemprov Lampung terkait penyediaan kebutuhan pangan dari Lampung untuk DKI Jakarta.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam sektor agrobisnis antara Pemprov DKI yang diwakili oleh Gubernur DKI Joko Widodo dengan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP.

"Kami siap membantu Kota Jakarta dengan menyuplai hasil-hasil pertanian dan perkebunan yang dibutuhkan warga Jakarta. Kita sudah membicarakan kerja sama ini sebelumnya dan sekarang sudah bisa diwujudkan," kata Gubernur Lampung Sjachroedin ZP di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut dia, kerjasama tersebut tidak hanya akan menguntungkan bagi Jakarta, tetapi juga Lampung. Untuk Jakarta, sambung dia, akan mendapatkan bantuan pangan, sedangkan bagi Lampung, lapangan pekerjaan akan semakin luas.

"Selain itu, Pemprov DKI juga akan mendapatkan keuntungan dari sektor pajak seperti, berkurangnya mobil-mobil besar pengangkut barang yang dapat memperpendek umur ekonomis aspal karena terminal masuk barang terletak di Provinsi Lampung," ujar Sjahroedin.

Dia menuturkan kerja sama itu akan difokuskan untuk mendongkrak berbagai komoditi agrobisnis, diantaranya pertanian, perkebunan, perikanan, kehutanan, pertambangan dan usaha-usaha pembudidayaan atau pengadaan pangan lainnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kerja sama itu dilakukan untuk mengurangi beban produksi.

"Selain mengurangi beban produksi, kerja sama ini juga berguna untuk efektivitas waktu distribusi. Nantinya, pelaksanaan olah produksi akan ditempatkan di Lampung, sehingga mengurangi sampah-sampah hasil produksi di Jakarta," tambah Jokowi.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Baca Juga