Hari ini kondisi sangat sulit, tapi saya cukup senang dengan apa yang telah tim lakukan
Melbourne (ANTARA News) - Lewis Hmilton meraih posisi pole bagi Mercedes pada turnamen pembuka musim kompetisi formula satu, Grand Prix Australia setelah memimpin sesi kualifikasi yang diwarnai turunnya hujan.

Hamilton menyimpan penampilan terbaiknya pada lap terakhir setelah pebalap Australia Daniel Ricciardo sempat memimpin catatan waktu beberapa detik sebelumnya pada balapan akhir pekan pertamanya bagi Red Bull.

Pebalap Inggris berusia 29 tahun Hamilton mencatat waktu satu menit 44,231 detik di trek basah Albert Park, hanya unggul 0,3 detik dari Ricciardo yang mencatat 1:44,548.

Sementara itu juara dunia yang juga rekan satu timnya Sebastian Vettel, hanya menempati urutan ke-13 dalam catatan waktu.

"Hari ini kondisi sangat sulit, tapi saya cukup senang dengan apa yang telah tim lakukan. Mobil-mobil ini sangat sulit dikendalikan dalam kondisi basah," kata Hamilton seperti dikutip Reuters.

Sedangkan pembalap Mercedes Nico Rosberg akan start di urutan ketiga bersama pebalap McLaren berusia 21 tahun asal Denmark Kevin Magnussen.

Fernando Alonso dari Ferrari, menempati urutan kelima bersama Jean-Eric Vergne yang mengisi urutan keenam tercepat bagi Toro Rosso.

(A020) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014