Harapan kita bersama, kiranya pelaksanaan kampanye nanti mengedepankan kesantunan dalam bepolitik,"
Manado (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Sarundajang meminta peseta Pemilu dalam melaksanakan kampanye dapat mengedepankan kesantunan dalam berpolitik

"Harapan kita bersama, kiranya pelaksanaan kampanye nanti mengedepankan kesantunan dalam bepolitik," kata Sarundjang pada acara deklarasi "Pemilu damai, pemilu berintegritas dan Kirab karnaval Pemilu" di Manado, Sabtu.

Gubernur mengatakan, dalam kampanye nanti, hindarkan dari isu SARA (suku, agama, ras, antaragolongan) dan fitnah.

"Sampaikan pesan-pesan kampanye yang edukatif. Sebaiknya sampaikan pesan yang terukur dan konkret," katanya.

Gubernur mengatakan, pada Pemilu 2014 ini terdapat 12 partai politik (Parpol) nasional dan tiga partai lokal di Aceh.

Untuk duduk di kursi legilatif masyarakat pemilih di Indonesia akan memilih 550 anggota DPR RI, 132 anggota DPD RI, 2.137 anggota DPRD provinsi dan 20.257 anggota DPRD kabupaten kota.

Khusus provinsi Sulut akan memilih empat anggota DPD RI dari 28 calon anggota DPD RI, enam anggota DPR RI dari 72 calon anggota legislatif (Caleg) dan 45 anggota DPRD provinsi dari 487 Caleg.

Untuk DPRD provinsi dari enam Daerah pemilihan (Dapil) masing-masing Dapil satu Manado delapan anggota, Dapil dua Minahasa Utara dan Bitung delapan anggota, Dapil tiga Kepulauan Sangihe, Sitaro dan Talaud lima anggota.

"Kemudian Dapil empat Bolaang Mongondow sepuluh anggota, Dapil lima Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara enam anggota dan dapil enam Tomohon, Minahasa delapan anggota," katanya.

Hadir pada kegiatan itu, antara lain Ketua KPU Yessy Momongan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, pimpinan partai politik peserta Pemilu, dan calon anggota DPD RI.

Pada kegiatan itu juga dilakukan kirab atau karnaval Pemilu jujur dan adil yang diikuti, KPU, peserta pemilu.

Kegiatan kirab dengan menggunakan kendaraan tersebut dimulai dari lapangan Megamas Bolevard Manado kemudian melewati sejumlah ruas jalan seperti jalan Piere Tendean, jalan Achmad Yani, jalan Bethesda, jalan Sam Ratulangi dan finis kembali di Megamas.(*)

Pewarta: Jorie M R Darondo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014