Jadi, kalau cuaca membaik hari ini, besok kita langsung beroperasi."
Pekanbaru (ANTARA News) - Maskapai Garuda Indonesia kembali melayani penerbangan dari dan menuju Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, karena asap kebakaran di Provinsi Riau mulai berkurang.

"Pertimbangannya adalah kondisi cuaca di Pekanbaru membaik setelah hujan sempat turun tiga kali di Pekanbaru," kata Station Manager Garuda Indonesia Pekanbaru Irawan Suryadi kepada ANTARA News di Pekanbaru, Minggu.

Ia mengatakan, maskapai penerbangan nasional itu sudah mengoperasikan tiga penerbangan antara lain dua rute Pekanbaru-Jakarta, yaitu GA175 dan GA179, serta satu penerbangan GA277 Pekanbaru-Kuala Namu, Sumatera Utara.

Menurut dia, Garuda mengantisipasi layanan penerbangan dengan memberlakukan kebijakan pembatalan 1x24 jam sebelumnya.

"Jadi, kalau cuaca membaik hari ini, besok kita langsung beroperasi," katanya.

Sebelumnya, Garuda Indonesia adalah salah satu maskapai berhenti beroperasi sementara di Bandara SSK II mulai tanggal 13 Maret, akibat kabut asap kebakaran sudah membahayakan penerbangan dan menimbulkan kerugian dari sisi bisnis. Manajemen sempat mengumumkan tidak akan melayani penerbangan hingga tanggal 22 Maret.

Airport Duty Manager SSK II Baiquni mengatakan, jarak pandang sudah aman untuk penerbangan karena asap mulai menipis. Jarak pandang kini berkisar 1.500 hingga 2.500 meter, sedangkan jarak pandang minimal yang aman untuk penerbangan adalah 1.000 meter.

Ia mengatakan, pada pagi hari satu pesawat Lion Air tujuan Pekanbaru-Jakarta sudah berhasil lepas landas, namun penerbangan pada siang hari tetap belum aktif.

"Karena jarak pandang sudah aman, kami berharap maskapai penerbangan bisa segera beroperasi kembali untuk melayani calon penumpang," demikian Baiquni. (*)

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014