Jakarta (ANTARA News) - Pemilih calon legislatif tentunya ingin memberikan suara bagi kandidat berkualitas, tetapi bagaimana cara mengetahui kualitas mereka?

Tim pengembang AppsKitchen mempersembahkan aplikasi bertajuk "Orang Baik" yang menyajikan informasi kualitas calon legislatif dari kisaran 0-100.

"Teman-teman saya saja banyak yang mengeluhkan banyak caleg yang tidak berkualitas. Aplikasi ini ingin menunjukkan mana saja caleg yang berkualitas," kata Ziyad Bazed dari AppsKitchen di gedung Komisi Pemilihan Umum Jakarta, Senin.

Ziyad menjelaskan ada enam kategori yang menentukan skor kualitas para caleg yang dihitung dengan algoritma, yaitu tingkat pendidikan, tingkat universitas, pengalaman pekerjaan, pengalaman organisasi, umur dan wawasan daerah pemilihannya.

Dia mencontohkan, calon legislatif yang memiliki gelar S3 mendapat penilaian lebih tinggi dibandingkan lulusan S1.

Pengguna dapat mengetahui data diri para kandidat legislatif DPR, DPD dan DPRD tingkat 1 berdasarkan lokasi yang diinginkan.

Ada pula opsi yang memungkinkan pengguna memverifikasi nama caleg di Google atau Wikipedia untuk informasi lebih lengkap.

Pengguna juga dapat mencari caleg berdasarkan filter jenis kelamin, partai dan umur. Tidak hanya melihat biodata satu calon, aplikasi ini memungkinkan pengguna membandingkan data kandidat satu sama lain.

Bila sudah menemukan caleg yang dirasa tepat, pengguna dapat mempromosikan kandidat tersebut lewat fitur berbagi ke Facebook atau Twitter. Ada pula fitur yang memungkinkan pengguna aplikasi berdiskusi di halaman caleg.

Aplikasi pemenang kompetisi Hackaton API (Application Programming Interface) Pemilu dari Perkumpulan Pemilu dan Demokrasi (Perludem) di Bandung Digital Valley pada 8--9 Maret silam ini tersedia untuk Android, iOS dan juga dapat diakses melalui orangbaik.org.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014