... satu lagi resimen pasukan udara akan dipersenjatai-kembali dengan sistem S-400 Triumph... "
Moskow (ANTARA News) - Rusia telah menggelar satu resimen sistem peluru kendali permukaan-ke-udara S-400 Triumph, di dekat Moskow, kata seorang pejabat senior negeri itu, Senin. Pada sisi lain, referendum di Semenanjung Krimea menghasilkan 96 persen penduduk memilih bergabung dengan Rusia.

Resimen itu, yang berpusat di kota kecil Zvenigorod, sebelah barat Moskow, juga dilengkapi sistem senjata artileri anti-pesawat bom-peluru kendali Pantsyir-S, kata Komandan Pasukan Udara Rusia, Andrei Dyomin, dalam peresmian resimen baru itu.

Bom-peluru kendali Pantsyir-S dirancang untuk perlindungan sistem S-400 Triumph, yang merupakan pengembangan S-300 Gladiator. Bersamaan, mereka akan saling mendukung mirip sistem Iron Dome yang dioperasikan Israel. 

"Sampai akhir 2014, satu lagi resimen pasukan udara akan dipersenjatai-kembali dengan sistem S-400 Triumph," kata Dyomin.

Jadi, katanya, sampai akhir tahun ini, separuh resimen pertahanan udara Rusia --yaitu empat-- akan dipersenjatai dengan S-400 Triumph. Itu akan menandai tahap pertama persenjataan-kembali pasukan udara, ia menambahkan.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014