Minahasa (ANTARA News) - Ketua Komisi XI DPR, Olly Dondokambey mengatakan pemerintah melalui Kemendikbud dan DPR memantau pemanfaatan bantuan siswa maju (BSM) dan bantuan operasional sekolah (BOS) di Sulut.

"Masyarakat Sulut merasakan perhatian khusus pemerintah karena sejumlah pejabat datang langsung mengawasi pemanfaatan bantuan ini," kata Olly, di Minahasa, Senin.

Dia mengatakan, tugas Komisi XI adalah mengumpulkan penerimaan negara dari semua sektor pajak dan keuangan lainnya, kemudian pembelajaannya dibahas dalam badan anggaran yang salah satunya dialokasikan untuk Kemendikbud.

"Sejauh mana pemanfaatannya itu yang dipantau. Apalagi menurut Bupati Jantje Sajouw di Kabupaten Minahasa ada siswa-siswa yang putus sekolah serta orang tua yang tidak mampu membantu lembaga pendidikan. Ini menjadi tugas wakil rakyat," katanya.

Karena itu menurut wakil rakyat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, Komisi XI berusaha membantu meningkatkan jumlah kelulusan dengan memperjuangkan alokasi anggara pendidikan di Jakarta.

Di Kabupaten Minahasa, Olly memberikan apresiasi atas sinergitas bupati dan wakil bupati, serta wakil rakyat yang bersama-sama berjuang memberikan akses seluas-luasnya bagi siswa miskin sekolah ke jenjang pendidikan yang tersedia.

"Dengan BSM dan BOS yang dialokasikan Kemendikbud, pemerintah dan DPR bersama-sama mengurangi siswa putus sekolah akibat orang tua tidak mampu membayar biaya pendidikan. Karena itu hendaknya BSM dan BOS dimanfaatkan sebaik-baiknya," katanya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014