(Drogba) adalah salah salah satu pemain terpenting dalam sejarah Chelsea. Tidak diragukan kalau seluruh pendukung Chelsea setuju dengan pendapat itu. Apakah dia akan dapat tampil prima sama seperti ketika ia masih berusia 26 tahun?
London (ANTARA News) - Bernostalgia? Oke saja, bila Didier Drogba merangkai dan merengkuh masa lalu yang indah di Stamford Bridge. Fan setia Chelsea sudah membuka hati dan menyelia gerbang sukacita bagi pemain asal Pantai Gading itu.

Fans Chelsea bukan merpati yang ingkar janji. Mereka ingin setia, karena Drogba telah memberi 157 gol dan 10 trofi semasa masih bermukim membela panji The Blues.

Setia? Ya, tanpa Drogba, tak akan ada trofi Liga Champions 2012 bagi klub itu. Selain itu, Chelsea melewati masa-masa indah sarat kenangan bersama Drogba, dengan merengkuh tiga titel Liga Primer (Premier League), empat Piala FA, dua Piala Liga.

Kini, nostalgia perlu kerangka masa depan. Kini, Drogba di seberang sana, mengusung panji "Chimbom", julukan bagi Galatasaray. Chelsea akan menghadapi Galatasaray dalam bebak perdelapan final Liga Champions leg kedua yang akan diadakan di stadion Stamford Bridge pada Selasa, Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh SCTV.

Seperti biasa, tabiat umumnya media massa, kesetiaan disandingkan dengan kehendak berkompetisi. Drogba di kubu Galatasaray, Samuel Eto'o di kubu Chelsea. Jamak saja bila aura kompetisi dihidup-hidupkan karena sepak bola adalah asa kompetitif. Dalam sepak bola, ada tim yang mengalahkan, ada tim yang dikalahkan.

Nah, atmosfer kompetisi dengan kental merasuk ke ulu hati penyerang Chelsea, Samuel Eto'o. Bermodal kepercayaan diri penuh, ia berkacak pinggang seraya berkata bahwa hasil pertandingan di leg pertama belumlah selesai.

Pernyataan Eto'o itu merujuk kepada hasil imbang 1-1 antara kedua tim dalam leg pertama. Galatasaray kebobolan lebih dulu melalui gol kilat yang dilesakkan oleh Fernando Torres.

Suara Eto'o mewakili agresivitas lini depan skuad asuhan Jose Mourinho. Trofi Liga Champions diincar The Special One. Mereka hanya kemasukan empat gol dari tujuh laga di Liga Champions musim ini. Lini depan dan lini belakang sama-sama solid.

Eto'o dan Eden Hazard sama-sama telah berhitung bahwa tim yang mereka bela berada di atas angin.

Setelah melakoni laga imbang melawan Galatasaray, Eto'o mengatakan, "Hasil pertandingan ini lumayan, tidak buruk, meski semuanya ini belum selesai benar."

"Beruntungnya kami bakal tampil di kandang. Pertandingan punya dua wajah. Di babak pertama, kami mampu menguasai lini tengah, sementara di babak kedua Galatasaray mengambil alih jalannya pertandingan," katanya.

"Ini hasil yang adil bagi kedua tim. Kami akan berusaha lebih keras di babak selanjutnya. Kami akan bertanding dengan penuh percaya diri. Saya senang melihat penampilan Aurelien (Chedjou, rekan sesama pemain asal Kamerun, yang mencetak gol balasan) bagi Galatasaray. Ia benar-benar tampil baik."

Sementara, Hazard menyatakan, "Hasil imbang 1-1 justru membuka peluang di pertandingan selanjutnya. Kami harus menuai hasil positif ketika berlaga di kandang, meski pertandingan bakal berlangsung sengit."

"Menyenangkan dapat menghadapi (Didier) Drogba karena namanya sudah terlanjur memikat hati seluruh personel di sini (Chelsea). Sungguh merupakan kehormatan dapat melawan tim yang pernah membesarkan dia (Drogba),' kata Hazard.

Galatasaray menargetkan: minimal mampu mencetak satu gol tanpa kemasukan. Chelsea menargetkan: minimal cukup 0-0 untuk melangkah ke perempat final.

Data dan fakta kedua tim:
* Catatan perjalanan Drogba bersama Chelsea: Debut melawan vs Manchester United pada 15 August 2004. Gol perdana dicetaknya ketika menghadapi Crystal Palace pada 24 August 2004. Jumlah penampilan mencapai 342 pertandingan, jumlah gol yang dicetak 157 gol.

* Catatan prestasi Drogba: Premier League: 2004-05, 2005-06, 2009-10; FA Cup: 2006-07, 2008-09, 2009-10, 2011-12; League Cup: 2004-05, 2006-07 Champions League: 2011-12. Menjadi pencetak gol terbanyak pada 2007 dan 2010.

* Catatan suspensi dan cedera pemain:  
Pemain cedera: cedera lutut (Van Ginkel, Chelsea), cedera engkel: Aydın Yılmaz (Galatasaray).
Sejumlah pemain belum tentu diturunkan: cedera lutut dialami  A. Cole (Chelsea), dan David Luiz mengalami cedera pangkal paha (Chelsea), cedera paha dialami juga Chedjou (Galatasaray).

* Pemain Galatasaray yang masih diragukan dapat tampil karena masih dibekap cedera: Gökhan Zan, Hakan Balta,  Hamid Altıntop.

* Hasil pertandingan Chelsea pekan lalu: Sabtu pekan lalu: Aston Villa FC 1-0 Chelsea (Delph 82)
Susunan pemain: Čech (penjaga gawang); Ivanović, Cahill, Terry, Azpilicueta; Matić, Ramires; Hazard, Willian, Oscar (Schürrle 67), Torres (Ba 67).

* Chelsea menorehkan 14 laga tak terkalahkan selama meniti Liga Primer. Marco van Ginkel kembali berlatih setelah enam bulan beristirahat karena mengalami cedera ligamen yang didapat pada 24 September tahun lalu.
Ashley Cole mengalami cedera lutut, dan David Luiz mengalami cedera otot, yang memaksa kedua pemain absen dalam dua pertandingan.

* Pada Jumat pekan lalu: Galatasaray menahan imbang Kardemir Karabükspor 0-0
Pemain yang diturunkan dalam laga itu: Muslera (penjaga gawang); Sabri Sarıoğlu, Semih Kaya (Chedjou 46), Hakan Balta, Alex Telles; Yekta Kurtuluş (Umut Bulut 76), Felipe Melo, Selçuk İnan, Sneijder; Drogba (Ceyhun Gülselam 89), Burak.

* Galatasaray hanya sekali kalah dari 23 pertandingan dari seluruh kompetisi, meski hanya empat kali menang dari 19 laga tandang di seluruh musim.

* Pemain Galatasaray yang mengalami cedera: Aydın Yılmaz (patah engkel), Gokhan Zan (hamstring) dan Emre Colak (cedera lutut). Semua pemain ini sedang dalam perawatan medis.

* Galatasaray tidak pernah menang dalam enam laga tandang melawan tim-tim asal Inggris, tiga kali imbang, lima kali kalah. Secara keseluruhan rekor yang mereka cetak: tiga kami menang, delapan kali imbang, tujuh kali kalah.

Komentar dua pelatih:

Jose Mourinho (Chelsea):
"Jika anda melihat hasil imbang 1-1, dan jika anda menyaksikan pertandingan itu, satu tim tampil lebih baik di babak pertama, tim yang lain tampil lebih baik di babak kedua. Saya sangat meragukan bahwa pertandingan nanti hanya ditentukan satu babak saja."

"(Drogba) adalah salah salah satu pemain terpenting dalam sejarah Chelsea. Tidak diragukan kalau seluruh pendukung Chelsea setuju dengan pendapat itu."

"Apakah dia (Drogba) akan dapat tampil prima sama seperti ketika ia masih berusia 26 tahun? Tidak ada orang yang tahu, meski ia seorang striker terbaik di dunia. Besok merupakan pertandingan yang besar. Saya sendiri tidak merasakan ada tekanan apapun. Sneijder pemain terbaik di dunia dalam posisinya. Itu hal yang sederhana saja."   

Roberto Mancini (Galatasaray):
"Kami sangat menghormati mereka (Chelsea) dalam 20 menit (dari laga leg pertama), mungkin kami gugup. faktor mentalitas sangat penting, sikap ketika kami memulai pertandingan."

"Ini kesempatan baik bagi saya karena saya punya kenangan manis ketika berada di Inggris. Saya menikmati betul ketika masih bekerja untuk Manchester City, dan saya senang dapat kembali ke sini, di London, di ajang Liga Champions."

"Sulit menggantikan Drogba. Ia pemain fantastis. Kami mendulang sejumlah keajaiban karena kami melewati laga yang ketat. Sekarang, kami tahu bahwa kami benar-benar menghadapi hal yang sulit karena Chelsea adalah salah satu tim terbaik di Eropa."

"Dalam sepak bola, jangan pernah mengatakan hal yang musykil. Segala sesuatunya dapat saja terjadi jika anda percaya akan kemampuan diri sendiri."

"Kami tahu bahwa pertandingan bakal berlangsung ketat, dan kami berharap tampil sebaik mungkin. Pertandingan bakal berlangsung ketat bagi kedua tim, meski Chelsea beroleh sedikit keuntungan karena bertandingan di kandang. Saya tentu tidak cukup puas hanya dengan mencetak satu gol. Kita lihat saja apa yang bakal terjadi."

Prakiraan susunan pemain:
Chelsea (4-2-3-1):
Cech (penjaga gawang), Azpilicueta, Cahill, Luiz, Ivanovic, Ramies, Lampard, Schurrle, Hazard, Wilian, Eto'o
Pemain cadangan:
Schwarzwer, Cole, Terry, Oscar, Mikel, Torres, Ba

Galatasaray (4-4-2):
Muslera (penjaga gawang), Eboue, Chedjou, Balta, Telles, Hajrovic, Melo, Inan, Sneijder, Yilmaz, Drogba
Pemain cadangan:
Ceylan, Gulselam, Colak, Sarioglu, Kaya, Kurtulus, Bulut
   

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Chelsea 2-0 Galatasaray (19,01 persen)
* Chelsea 2-1 Galatasaray (15,8 persen)
* Chelsea 3-1 Galatasaray (11,66 persen)

Head to Head
UEFA Champions League (UCL)
26 Feb 2014   Galatasaray 1 - Chelsea 1     

Lima laga terakhir:

Chelsea
15 Mar 2014    Aston Villa 1 - Chelsea 0    EPL
  8 Mar 2014    Chelsea 4 - Tottenham 0    EPL
  1 Mar 2014    Fulham 1 - Chelsea 3    EPL
26 Feb 2014    Galatasaray 1 - Chelsea 1    UCL
22 Feb 2014    Chelsea 1 - Everton 0    EPL

Galatasaray
14 Mar 2014    Kardemir Karabük 0 - Galatasaray 0    TUR1
  8 Mar 2014    Galatasaray 6 - Akhisar Bld. 1    TUR1
  2 Mar 2014    Çaykur Rizespor 1 - Galatasaray 1    TUR1
26 Feb 2014    Galatasaray 1 - Chelsea 1    UCL
22 Feb 2014    Galatasaray 1 - Besiktas 0    TUR1

 
Analisis taktik:
* Galatasaray harus menerapkan skema serangan sistematis dari segala lini ketika menghadapi Chelsea. Mancini dalam sebuah wawancara di Istanbul menyatakan, "Chelsea punya delapan puluh persen peluang lolos ke babak berikutnya."

* Mancini akan menurunkan empat pemain depan untuk membombardir lini pertahanan Chelsea. Dan The Blues seperti biasanya akan mendayagunakan peran Eden Hazard untuk menembus barikade Galatasaray.

* Galatasaray akan memanfaatkan peran pemain sayap sebaik mungkin, dan mereka bakal memanfaatkan semaksimal mungkin bola-bola mati. Di sinilah Wesley Sneijder berperan, dan ia membuktikannya dalam musim lalu.

* Di lini pertahanan, Galatasaray mengandalkan bek kiri Alex Telles, sementara Emmanuel Eboue punya kualitas dalam penguasaan bola.

* Pasukan Mancini perlu tampil lebih bersabar, apalagi pertandingan kali ini digelar di kandang Chelsea. Cimbom punya reputasi dalam menampilkan pola serangan balik yang cepat dan efisien. Dan Mancini bakal menginstruksikan kepada seluruh pemain asuhannya dengan berkata, "Percaya adalah setengah dari sukses".

Prediksi menurut editor Antaranews.com:
Chelsea: 3
Galatasaray: 1      

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014