Program-program Kaltim lebih fokus pada peningkatan ekonomi berbasis agroindustri pertanian dalam arti luas dan energi. Hasil pembangunan di daerah ini sudah terlihat,"
Samarinda (ANTARA News) - Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang fokus menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013--2018 untuk peningkatan ekonomi kerakyatan.

"Program-program Kaltim lebih fokus pada peningkatan ekonomi berbasis agroindustri pertanian dalam arti luas dan energi. Hasil pembangunan di daerah ini sudah terlihat," katanya di Samarinda, Selasa.

Usai menyampaikan paparan di hadapan Gubernur dan Wagub Kaltim serta peserta Musrenbang dalam rangka penyusunan RPJMD 2013-2018, ia mengatakan, contoh hasil pembangunan di Kaltim, antara lain pengembangan Bandara Internasional Sepinggan di Balikpapan.

Selain itu Pelabuhan Peti Kemas Kariangau, infrastruktur untuk pembangunan kawasan industri dan pelabuhan internasional Maloy di Kutai Timur termasuk jalan tol.

"Mudah-mudahan lima tahun ke depan semua bisa diselesaikan," kata Armida

Dia mengatakan, suksesnya pembangunan itu diantaranya karena eksistensi program Master Plan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang menjadi salah satu strategi pembangunan nasional.

Melalui program MP3EI, kata dia, pembangunan yang dilakukan daerah tidak hanya berasal dari alokasi anggaran APBD dan APBN, tetapi juga melalui BUMN serta swasta.

Armida mengharapkan ke depan melalui program MP3EI, BUMN bisa konsisten sehingga perkembangan pembangunan di daerah ini juga terus meningkat

Menurut dia, RPJMN dan RPJMD di Kaltim sudah selaras, karena mulai keunggulan kompetitif ekonomi sudah berjalan, kemudian sumber daya alam yang bernilai tambah juga sudah berjalan dan SDM berkualitas juga telah terlaksana.

Dia mengatakan, untuk peningkatan ekonomi yang tinggi, seperti dilakukan Kaltim, maka perlu kualitas SDM yang tinggi dan itu telah dilakukan Pemprov, diantaranya melalui program beasiswa bagi seluruh putra-putri di daerah.

"Melihat kondisi pertumbuhan penduduk dan ekonomi Kaltim yang kian meningkat. Apalagi, ketika saya melintasi jalan dari Balikpapan menuju Samarinda melalui jalur darat, ternyata efektivitas arus lalu lintas sangat tinggi," ujarnya

Menurut Armida, pembangunan tol di Kaltim diperlukan. Karena itu untuk mewujudkan pembangunan tersebut, maka perlu kerja sama antara Pemprov Kaltim, pemerintah pusat dan BUMN serta swasta.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014