Pemberian beasiswa dari berbagai pihak, khususnya pihak swasta dapat mendukung upaya universitas dalam meningkatkan akses dan kesempatan belajar bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik namun terkendala masalah finansial,"
Depok (ANTARA News) - PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) memberikan beasiswa senilai Rp492 juta kepada 60 orang mahasiswa UI yang berprestasi, namun memiliki keterbatasan finansial.

"Pemberian beasiswa dari berbagai pihak, khususnya pihak swasta dapat mendukung upaya universitas dalam meningkatkan akses dan kesempatan belajar bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik namun terkendala masalah finansial," kata Penjabat Rektor UI Muhammad Anis dalam acara Penyerahan beasiswa di Wisama Makara UI Depok, Selasa.

Ia berharap, dengan adanya kolaborasi yang baik antara UI dan Indofood dapat menciptakan para lulusan yang mandiri, produktif, mempunyai kepedulian sosial yang tinggi, juga mampu berperan dalam upaya memutuskan rantai kemiskinan.

Beasiswa yang diserahkan terdiri dari tiga macam program dan untuk masing-masing program tersebut merupakan kerjasama dengan Universitas Indonesia, Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi UI (FEUI) dan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE).

Direktur Indofood Joseph Bataona mengatakan bahwa Indofood menyadari sepunuhnya bahwa pendidikan adalah faktor penting dalam pembangunan sumber daya manusia.

"Melalui pilar Building Human Capital, program corporate social responsibility kami mengembangkan beberapa program di bidang pendidikan," ujarnya.

Selain beasiswa, program CSR Indofood Group di bidang pendidikan diantaranya mengembangkan rumah pintar di beberapa lokasi kebun Indofood, pembangunan sekolah dan perpustakaan serta program Indofood Riset Nugraha yaitu memberikan bantuan dana penelitian kepada mahasiswa.

Ia mengatakan, beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, memberikan akses dan kesempatan belajar di UI serta menjamin keberlangsungan studi bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi dengan keterbatasan finansial.

Beasiswa yang baru dimulai pada tahun ajaran 2013/2014 diberikan kepada 20 orang mahasiswa UI dari berbagai fakultas yang telah menjalani seleksi ketat baik akademik, administrasi maupun wawancara. Dana beasiswa yang diterima setiap mahasiswa adalah sebesar Rp750.000,- per bulan.

Beasiswa kedua adalah beasiswa kerjasama Indofood dengan Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi UI yang diberikan khusus bagi 20 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi. Masing-masing akan menerima dana sebesar Rp600.000,- per bulan selama satu tahun.

(F006/F003)

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014