Grup B Piala Dunia FIFA 2014 kental dengan nuansa Afrika Selatan 2010, sesi kick off tak lebih dari mengulang penentuan gelar empat tahun silam. Juara bertahan Spanyol harus berhadapan dengan runner-up 2010, Belanda, dalam satu grup di mana ada Chili--yang juga pernah bentrok dengan pasukan Vicente del Bosque--, dan Australia.

Spanyol akan membuka pertandingan pertahanan gelar melawan dua tim yang mereka kalahkan di jalan menuju kemenangan di Afrika Selatan, dengan skuad berpemain kunci sama yang telah menikmati banyak keberhasilan sejak 2008.

Hambatan tangguh La Roja adalah Belanda yang lolos ke Brasil dengan gaya sempurna, dipelopori penyerang pencipta 11 gol Robin van Persie--tanpa perselisihan seorang figur pemimpin yang mengubah Oranje, Louis Van Gaal.

Chili finish ketiga dalam kualifikasi zona Amerika Selatan dan melangkah ke Brasil bersama generasi berbakat pemain Barcelona Alexis Sanchez dan Arturo Vidal yang bermain di Juventus.

Mengadopsi gaya bermain menyerang, pelatih mereka sekarang ini Jorge Sampaoli--yang menggantikan Claudio Borghi pada akhir 2012--, terus membangun warisan yang ditinggalkan oleh Marcelo Bielsa El Loco.

Sementara Australia, melangkah ke Brasil 2014 untuk keempat kalinya di Piala Dunia, dengan penampilan yang pasang surut, ditambah kedatangan pelatih baru Ange Postecoglou, the Socceroos sedang dalam fase transisi.

Pemain yang perlu diwaspadai: Xavi (Spanyol), Andres Iniesta (Spanyol), Xabi Alonso (Spanyol), Arjen Robben (Belanda), Robin van Persie (Belanda), Rafael van Der Vaart (Belanda), Arturo Vidal (Chili) Alexis Sanchez (Chile), Claudio Bravo (Chili), Tim Cahill (Australia), Lucas Neill (Australia).

Profil tim Grup B:

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014