Jakarta (ANTARA News) - Raksasa Internet yang sudah merambah ke bisnis devices, Google, hari ini meluncurkan Android Wear, sebuah proyek yang memperluas penggunaan Android ke perangkat-perangkat wearable.

"Dan kami mulai dengan wearable paling familiar--jam tangan," kata Google dalam pernyataan di blognya, Selasa (Rabu WIB).

Dengan katalog aplikasi ekspansif, perangkat wearable ber-software Android Wear akan menyediakan informasi yang dibutuhkan pengguna dalam saat yang tepat.

Berbagai variasi aplikasi Android memungkinkan pengguna dengan mudah menerima post-post terakhir dan updates dari aplikasi media sosial favorit, chatting, notivikasi belanja, berita, aplikasi fotograsi, dan lain-lain.

Dengan hanya mengatakan "Ok Google" mencari jawaban mengenai sesuatu, seperti berapa banyak kandungan kalori dalam alpukat, berapa lama penerbangan Anda, skor pertandingan, hingga menelfon taksi atau mengirim pesan.

Perangkat itu juga bisa untuk memantau kebugaran penggunanya, seperti jam-jam pintar lainnya. Menghitung langkah kaki, jarak tempuh, lari, dan lainnya.

Android Wear, seperti halnya Samsung Gear, bisa mengakses dan mengontrol perangkat lain dari pergelangan tangan. Hanya dengan mengatakan "Ok Google" untuk memainkan musik pada playlist yang ada di ponsel.

Atau memainkan film favorit dan menghubungkan ponsel ke perangkat televisi untuk menikmati layar yang lebih lebar.

Google mengaku sedang bekerja dengan sejumlah produsen perangkat, seperti Asus, HTC, LG, Motorola, dan Samsung, kemudian pembuat chip Broadcom, Imagination, Intel, Mediatek, dan Qualcomm.

Bahkan, dengan merek-merek fashion seperti Fossil Group untuk menghadirkan jam-jam yang menjalankan Android Wear akhir tahun ini.(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014