Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto berhasil menempati posisi kelima pada hari pertama pelaksanaan tes pramusim kedua di Sirkuit Internasional Sakhir, Bahrain.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Rabu, mengatakan, Rio Haryanto yang tergabung dalam tim Pertamina GP2-EQ8 Caterham Racing memulai tes pramusim di Bahrain dengan lintasan sepanjang 5.412 meter.

Pada cuaca di sirkuit yang sangat panas, pebalap asal Solo, Jateng, tersebut masuk ke garis finis pada urutan kelima dengan catatan waktu 1:41.400 sedangkan rekan satu tim Rio Alexander Rossi (pebalap Amerika Serikat) menempati urutan keenam dengan catatan waktu 1:41.460 dari 13 putaran.

Tim EQ8 caterham racing merasa puas dengan hasil yang dicapai Rio Haryanto dan Alexander Rossi.

Pada tes sesi pagi hari waktu setempat ini, Rio haryanto menggunakan satu set ban baru tipe keras dengan settingan mobil yang sudah sesuai dengan yang diharapkan.

Pada sesi ini keluar sebagai pemenang adalah pebalap dari tim Hilmer Motorsport Daniel Abt dengan catatan waktu 1:40.676 kemudian kedua ditempati Arthur Pic dari tim Campos Racing dengan catatan waktu 1:41.192, sedangkan ketiga adalah Facu Regila (Jilmer Motorsport) dengan catatan waktu 1:41.327.

Kebanyakan dari mereka sudah menggunakan dua set ban baru sehingga bisa terus memperbaiki catatan waktunya.

Tes pramusim kedua di Bahrain ini berlangsung tiga hari mulai hari ini atau Rabu hingga Jumat (21/3). Sebelum ini, para pebalap mengikuti tes pertama di Sirkuit yas Marina Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dua kali tes pramusim ini diikuti para pebalap sebelum tampil pada lomba balap mobil GP2 Series 2014 yang dilangsungkan mulai awal April mendatang.

Lomba balap mobil GP2 Series 2014 dibagi dalam 11 seri dan dimulai di Bahrain (4-6 April) kemudian seri kedua di Barcelona, Spanyol (9-11 Mei), ketiga di Monaco (22-24 Mei), keempat di Spielberg, Austria (20-22 Juni), kelima di Silverstone, Inggris (4-6 Juli).

Kemudian keenam di Hockenheim, Jerman (18-20 Juli), ketujuh di Budapest, Hongaria (25-27 Juli), kedelapan di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia (22-24 Agustus), kesembilan di Monza, Italia (5-7 September), kesepuluh di Sochi, Rusia (10-12 Oktober), dan terakhir atau kesebelas dimainkan di Sirkuit Yas Marina, Uni Emirat Arab (21-23 November).

Pewarta: Hernawan W
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014