Jakarta (ANTARA News) - Peringatan bagi yang keranjingan ber-selfie ria (mengambil foto sendiri) di museum: bisa-bisa memecahkan patung seni kuno sebagaimana terjadi pada seorang remaja 19 tahun di satu museum di Milano, Italia, kemarin (18/3).

TIME melukiskan, remaja itu sampai memanjat patung seni Greco dari abad ke-19 itu untuk ber-selfie ria, remaja itu jatuh bersama patung, dan bagian kaki patung itu... pecah berkeping-keping di lantai. Padahal ada aturan di banyak museum: jangan menyentuh benda-benda bersejarah dan berseni tinggi yang dipamerkan.

Patung Greco yang pecah di bagian kaki kirinya itu ditemukan pada Selasa, saat seorang staf Akademi Seni Brera --salah satu akademi ternama di Italia-- berkeliling. Selain temuan manual itu, tentu detik-detik kejadiannya direkam kamera keamanan museum.

Patung yang patah itu dinamakan Satir Mabuk, patung kuno Yunani masa keemasan Helenik, yang persis dan seukuran manusia dewasa dengan posisi tertidur karena mabuk.

Untung saja patung itu imitasi sempurna dari patung aslinya di selasar akademi seni itu, yang menjadi ruang pajang banyak pematung ternama pada era itu, termasuk Antonia Canova dari Italia.

Tidak dinyatakan "nasib" remaja itu yang namanya sudah ada di tangan keamanan dan polisi setempat. Makanya, jangan selfie sembarangan…

Penerjemah: Ade P Marboen
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014