Jakarta (ANTARA News) - Seorang mantan karyawan Microsoft ditangkap dan didakwa setelah membocorkan salinan awal Windows 8 dan Windows 7.

Seattle PI melaporkan, arsitek software Alek Kibkalo dituduh mencuri rahasia dagang dan membocorkan salinan beta rahasia dari Windows 8 kepada "blogger teknologi Perancis" yang tidak disebutkan namanya.

Kibkalo dilaporkan termotivasi untuk membocorkan perangkat lunak tersebut setelah mendapat peninjauan kinerja yang buruk di Microsoft.

Rincian dan salinan Windows 7 dan Windows 8 bocor saat proses pengembangannya, dan blogger Perancis tersebut menggunakan nama samaran online untuk melindungi identitas mereka.

Selain itu, Kibkalo juga diduga mencuri "Activation Server Software Development Kit" milik Microsoft yang merupakan software untuk perlindungan dari pembajakan.

Blogger Perancis tersebut dilaporkan telah menyebarkannya secara online, yang memungkinkan orang lain terhindar dari perlindungan aktifasi Microsoft Office dan Windows.

Microsoft mengidentifikasi kebocoran ini setelah blogger Perancis menghubungi karyawan lain via email.

Kibkalo ditahan pada Rabu setelah investigasi lebih dari setahun, dan mantan karyawan Microsoft tersebut akan hadir di pengadilan distrik Amerika Serikat, demikian seperti dilansir laman The Verge.

Penerjemah:
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014