Pekanbaru (ANTARA News) - Pengurus KONI Riau menargetkan dapat mempertahankan prestasi peringkat enam besar pada PON XIX/Jawa Barat 2016 dengan asumsi cabang unggulan mampu meraih medali.

"Ketika menjadi tuan rumah PON 2012, kita mendapat 43 emas, 39 perak dan 51 perunggu, maka harus ditingkatkan," kata Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) KONI Riau Emrizal Pakis di Pekanbaru, Kamis.

Emrizal mengatakan, beban pada PON Jabar tidak ringan maka masing-masing pimpinan cabang olahraga untuk dapat meningkatkan prestasi.

Namun atlet yang mendulang medali terutama pada pertandingan perorangan diharapkan lebih giat berlatih serta mempersiapkan mental dan teknik bertanding.

Bagi atlet pada PON di Riau yang mendapatkan perak agar ditingkatkan meraih emas, demikian pula yang mendulang perunggu agar meraih perak.

Dia menambahkan semua pengurus cabang harus bekerja keras untuk meraih prestasi tersebut, tentunya dengan pembinaan terhadap atlet, pelatih maupun perangkat pendukung lainnya.

Menurut dia, Bidang Pembinaan Prestasi KONI harus bersinergi dengan berbagai pihak untuk menelorkan atlet terutama kepada aparat Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Riau.

Bahkan sarana maupun prasarana pendukung seperti arena bekas PON 2012 berbagai cabang dapat dimanfaatkan sebaik mungkin demi mengejar prestasi.

Dalam rapat rencana strategis KONI Riau, katanya, juga disebutkan masing-masing cabang yang mendulang medali agar secara rutin membina para atlet.

Demikian pula bagi atlet hasil pembinaan dari masing-masing KONI Kabupaten dan Kota di Riau harus lebih meningkatkan pembinaan.

Pihaknya juga telah mengantisipasi adanya atlet yang pindah ke daerah lain dengan janji mereka penerima honor atau kontrak yang lebih besar.

(A047/R010)

Pewarta: Adityawarman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014