Kini Belitung tidak hanya dikenal di Indonesia tapi juga di dunia,"
Belitung (ANTARA News) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu memberikan apresiasi khusus kepada penulis Andre Hirata karena berkat karyanya pariwisata di Bangka Belitung menjadi terkenal.

"Kini Belitung tidak hanya dikenal di Indonesia tapi juga di dunia," kata Mari Pengestu saat meresmikan Hotel Aston, di Belitung, Babel, Kamis.

Andre Hirata adalah pengarang novel Laskar Pelangi yang kemudian diangkat ke layar lebar pada 2008. Film yang mengambil lokasi pengambilan gambar di Belitung tersebut selain mengangkat tema pendidikan juga menyajikan keindahan alam Belitung terutama pantainya.

Mari Elka mengatakan bahwa film tersebut ditonton empat juta orang lebih. Akibat film tersebut keindahan alam Belitung menjadi terkenal. "Banyak orang ingin datang ke Belitung," katanya.

Selain itu, kata Mari, film itu menginspirasi film dengan tema yang sama di Amerika Serikat dan juga mendapat apresiasi. Buku Laskar Pelangi juga diterjermahkan ke berbagai bahasa. Ini tentu membuat nama Belitung dikenal di dunia.

Untuk itu Mari mengajak investor pariwisata untuk menanamkan modalnya di Belitung. Apalagi, kata Mari, Belitung masuk daerah strategis pariwisata nasional sehingga dapat dipastikan masalah infrastruktur akan diperhatikan.

Sementara data dari Pemda Belitung menunjukan sektor pariwisata daerah tersebut terus berkembang. Sebagai contoh,jika pada 2014 jumlah biro perjalanan baru empat biro pada 2013 naik menjadi 58 biro perjalanan.

Jumlah hotel juga terus naik dari sebanyak 28 hotel pada 2012 menjadi 34 hotel pada 2013. Pada 2014 ini ditarget di Belitung ada 1.400 kamar hotel.

Dalam kunjungannya, Mari Elka Pangestu dan rombongan antara lain juga melihat lokasi syuting film Laskar Pelangi (pantai dan sekolah Laskar Pelangi) dan  Museum Kata Andrea Hirata.(*)

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014