Waktu saya turun ke desa dan daerah transmigrasi, banyak permasalahan kesehatan masyarakat di sana yang perlu diangkat,"
Mukomuko (ANTARA News) - Calon anggota legislatif perempuan dari Partai Demokrat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ermawati, ingin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat perdesaan di daerah itu menjadi lebih baik.

"Waktu saya turun ke desa dan daerah transmigrasi, banyak permasalahan kesehatan masyarakat di sana yang perlu diangkat," kata Ermawati, di Mukomuko, Kamis.

Calon anggota legislatif (Caleg) Partai Demokrat nomor urut tujuh dari daerah pemilihan (Dapil) Mukomuko satu itu menyebutkan, kondisi rumah dan makanan yang dikonsumsi masyarakat setempat masih jauh dari kesan sehat.

Alumni sekolah gizi ini ingin kondisi yang dialami oleh masyarakat di desa tersebut diangkat dan diperbaiki, melalui kegiatan menuju rumah sehat.

Maksud Rumah sehat itu, kata ibu dua anak ini, bukan membangun rumah baru tetapi rumah masyarakat yang ada dirancang menjadi rumah sehat.

Begitu juga, kata istri Nartok, makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat juga harus bergizi jika ingin derajat kesehatan mereka meningkat.

"Kebetulan saya pernah sekolah di bagian gizi jadi saya ingin berbagi pengetahuan tersebut kepada masyarakat," ujarnya.

Ia berharap, keinginannya itu dapat diwujudkan hingga dirinya dipercaya oleh masyarakat setempat menjadi legislator di daerah itu.

Ia menjelaskan, menjadi caleg pada Pemilu sekarang ini bukan sekedar pelengkap karena aturan 30 persen keterwakilan perempuan tetapi sebelumnya juga pernah jadi caleg.

Namun, diakuinya, saat itu belum terpilih karena dukungan suara terbagi untuk empat orang yang memiliki basis massa yang sama.

"Dari empat orang itu, hanya saya sendiri yang dipilih oleh keluargan dan pendukung maju jadi caleg," ujarnya lagi.

Bercita-cita menjadi legislator, kata dia, bukan sekedar untuk mengharapkan gajinya tetapi ingin lebih jauh memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Ia mengatakan, dari usaha pecel lele yang dirintisnya dari kecil hingga berkembang sampai sekarang cukup untuk membiayai keluarganya.

"Keberhasilan usaha saya itu semua berkat kerja keras selama ini," ujarnya.(*)

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014