Jakarta (ANTARA News) - Edson Arantes do Nascimento yang akrab disebut Pele sukses mengantar Brasil meraih juara dunia pertamanya pada 1958 di Swedia.

Pada turnamen ini tidak diterapkan sistem unggulan seperti pada 1954. Setiap grup dihuni satu tim Eropa Barat, satu Eropa Timur, satu Inggris Raya, dan satu dari Amerika Latin.

Akibatnya, Inggris menelan pil pahit harus satu grup dengan Brasil, Rusia, dan Austria.

Hungaria yang sebelumnya perkasa harus gugur di fase grup karena pemain utamanya seperti Puskas, Kacsis, dan Czibor meninggalkan Hungaria pada 1956 karena invasi Uni Soviet.

Sebaliknya, Uni Soviet yang tampil pertama kalinya di Piala Dunia bermain garang dan menjadi salah satu tim favorit.

Di tim Samba, Pele muncul sebagai sosok yang menarik perhatian karena aksi-aksinya yang sarat keahlian teknik dan lincah serta permainan Brasil secara tim juga menghibur.

Pele menjadi pahlawan Brasil atas gol pertamanya di Piala Dunia yang mengantar "Selecao" tembus semifinal meskipun hanya menang 1-0 atas Wales.

Pele juga memukau publik lewat hat-trick yang dilesakkan ke gawang Prancis. Brasil menang 5-2 dan bertemu Swedia dalam final.

Pada final, Pele membawa Brasil juara usai mengandaskan tuan rumah 5-2. Kemenangan ini menobatkan Brasil sebagai satu-satunya negara Amerika Latin yang meraih juara di Eropa dan sampai sekarang belum ada yang bisa melakukannya.

Catatan khusus

Pele masih berusia 17 tahun ketika bermain pada final dan menjadi pesepakbola termuda.

Hungaria hanya menyisakan tiga pemain dari skuad Piala Dunia 1954 karena mayoritas pemainnya meninggalkan negara itu setelah invasi Rusia pada 1956.

Hanya 2.823 penonton menyaksikan pertandingan play off antara Hungaria dan Wales karena suporter memboikot laga ini untuk menunjukkan simpati kepada Imre Nagy, perdana menteri Hongaria yang dihukum mati saat invasi Rusia.

Argentina yang tampil buruk dan berada di dasar klasemen fase grup dilempari dengan sampah ketika tiba di Buenos Aires.

Turki mengundurkan diri di babak kualifikasi sebagai sikap penolakan karena dimasukkan ke dalam kelompok Asia.

Negara peserta

Eropa: Austria, Cekoslovakia, Inggris, Perancis, Jerman Barat, Hungaria, Irelandia Utara, Skotlandia, Uni Soviet, Swedia, Wales dan Yugoslavia

Amerika: Meksiko, Argentina, Brazil, Paraguay

Juara: Brasil
Runners-Up: Swedia
Ketiga: Prancis
Keempat: Jerman Barat

Golden Shoe: Just Fontaine (FRA)

Best Young Player Award: Pele (Edson Arantes do Nascimento) (BRA).

Pewarta: Alviansyah IW Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014