Solo (ANTARA News)- Wakil Menteri (Wamen) Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan seluruh soal ujian nasional (UN) untuk tingkat SMU/SMK yang digelar pada 14-16 April 2014 sudah selesai dicetak.

Bahkan, kata Musliar Kasim di sela-sela seminar nasional pendidikan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jateng, Sabtu, sekarang tinggal dilakukan pendistribusian ke daerah-daerah.

"Kami tidak mau terulang seperti kejadian tahun lalu maka jauh-jauh hari masalah ini sudah kami selesaikan," katanya didampingi didampingi Rektor UNS Ravik Karsidi dan Dekan FKIP UNS Furqon Hidayatullah.

Ia mengatakan mulai 23 Maret 2014, soal soal tersebut sudah mulai dikirim ke daerah-darerah di seluruh Tanah Air.

"Kami menargetkan pada 30 Maret sampai 1 April seluruh soal itu sudah berada di gudang-gudang dinas kota provinsi," katanya.

Dia juga mengatakan "saya tidak mau jadi pesakitan maka soal UN ini kami rencanakan dan dilaksanakan dengan hati-hati, jangan sampai terulang peristiwa tahun lalu."

"Melalui UN ini bertujuan untuk masuk perguruan tinggi dan nilai hasil UN bisa digunakan masuk di perguruan tinggi, pemetaan pembanding dan mengetahui kemampuan guru di masing-masing daerah," katanya.

Pewarta: Joko Widodo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014